PERAN KEPEMIMPINAN SUMBER DAYA MANUSIA, MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DALAM PENGEMBANGAN PRODUK EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA

Authors

  • Wira Syuhada Universitas Pelita Bangsa
  • Kisanda Midisen Universitas Pelita Bangsa
  • Sukron Mamun Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kepemimpinan Sumber Daya Manusia; Motivasi; Kinerja Karyawan

Abstract

Produk dan jasa merupakan dua komoditi inti dari kegiatan ekonomi manusia. Dalam usaha pengembangannya sangat wajar jika ada target yang menjadi tujuan baik individu atau kumpulan orang yang punya maksud dan tujuan bersama, dan itu salah satu motif dari tujuan manusia membuat sebuah organisasi termasuk juga dalam hal ini produk syariah yang mana pengelolaannya membutuhkan kerja sama agar tujuan tercapai, adalah organisasi merupakan sekumpulan individu yang berkumpul karena memiliki tujuan bersama dan menyepakati distribusi hak dan kewajiban untuk mencapai hak tersebut. Agar organisasi dapat mencapai tujuan yang efektif dan efisien, maka organisasi perlu mengelola salah satu aset mereka, yaitu manusianya. Sebab organisasi mempelajari dan mengerti aspek tingkah laku individu/karyawan (Sumber Daya Manusia) dalam situasi organisasi. Sumber Daya Manusia merupakan kemampuan yang dimiliki setiap manusia. Sumber Daya Manusia menjadi unsur pertama dan utama dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Jika suatu organisasi memiliki peralatan yang andal/canggih tanpa peran aktif Sumber Daya Manusia, maka tidak berarti apa-apa. Sebaliknya, jika Sumber Daya Manusianya sudah bagus tetapi organisasi tidak memfasilitasi dengan sumber daya alatnya, maka sia-sia. Sebab itu, Sumber Daya Alat dengan Sumber Daya Manusia harus seimbang antara keduanya. Sumber Daya Manusia terdiri dari daya pikir dan daya fisik.

References

Dewi Hanggraeni. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI
Malayu S.P. Hasibuan. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Muizu, W., Kaltum, U., & Sule, E. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Perwira, 61-78.
Rachmawati,Ike Kusdyah.2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Andi,2007.
Ratnasari, S. L., & Rivaldo, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan . Dimensi, 505-515.
Rivaldo, Y., Supardi, & Yusman, E. (2021). Pengaruh Pelatihan Kerja, Promosi, Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Perawat Rsbp Batam. As-Said, 89.
Rosalina, M., & Wati, L. N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 18-32.
Safitri, D. (2019). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. Dimensi, 240-248.

Published

2022-04-29