PENGARUH LINGKUNGAN DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA DRIVER GOJEK DI WILAYAH CIKARANG SELATAN

Authors

  • Riski Eko Ardianto Universitas Pelita Bangsa
  • Amrullah Hardikusuma Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Lingkungan; Semangat Kerja; Kinerja Driver

Abstract

Transportasi  umum  kini  sudah  berkembang  di  era  digital  yang  canggih  ini sehingga   memudahkan   masyarakat   untuk   bisa   membantu   aktivitas   dan keprluannya sehari-hari. Sepeda motor merupakan transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat dan mengalami peningkatan paling tinggi tiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh lingkungan dan semangat kerja terhadap kinerja yang dihasilkan oleh driver ojek online Gojek di wilayah Cikarang Selatan. Penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling, maka jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 67 orang.

Hasil penelitian dan pembahasan uji statistik secara parsial mengenai Lingkungan menunjukkan nilai t sebesar -1,825 dengan signifikasi 0,073, yang berarti bahwa variabel Lingkungan memiliki pengaruh yang negatif terhadap Kinerja, hal ini menunjukkan bahwa Lingkungan tidak mempengaruhi Kinerja driver Gojek di Wilayah Cikarang Selatan. Uji statistik mengenai Semangat Kerja menunjukkan nilai t sebesar 19,920 dengan signifikasi 0,000, yang berarti bahwa variabel Semangat Kerja memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja. Hal ini menunjukkan bahwa Semangat Kerja mempengaruhi Kinerja driver Gojek di Wilayah Cikarang Selatan. Secara simultan Lingkungan Dan Semangat Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dengan hasil Fhitung > Ftabel  atau  1471,495 > Ftabel 3,140 dengan tingkat signifikansi 0,000. Dengan hasil R square sebesar 0,990 atau 99%.

References

Jayaweera, T. (2015). Impact of work envivonmental factors on job performance mediating role of work motivation.
Kusuma Jaya, I. S. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Serta kompensasi Terhadap Semangat Kerja Pegawa Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan.
Mangkunegara, MSi., D. P. (2017). Evaluasi Kinerja SDM. bandung: Refika Aditama.
Mathews, C., & Khann, I. (2016). Impact of Work Environment on Performance of Employees in Manufacturing Sector in India.
Nasrullah, &. R. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Semangat Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Kepuasan Kerja PAda STMIK Bina Bagsa Kendari.
Nazaruddin Aziz, F. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Yang Di Mediasi Oleh Motivasi Kerja Karyawan Hotel Plaza Rocky Padang.
Permansari, R. (2013). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja PT. Anugerah Raharjo Semarang.
Prayitno, S.E, D. (2016). SPSS Handbook. Yogyakarta: MediaKom. Robbins, S. J. (2014). Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.
Sidanti, H. (2015). Pengaruh Disiplin, Semangat Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap KInerja Pegawai Negeri Sipil Di Sekertariat DPRD Kabupaten Madiun, 46.
Sri Yunida, M. H. (2016). Pengaruh Disiplin, Semangat Kerja Karyawan Pada Klinik Insani Muara Taweh.
Suyadi, d. (2018). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas LIngkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas.
Tim, K. M. (2019). Buku Pedoman Pembimbingan, Penulisan, Dan Ujian Skripsi Mahasiswa Program Studi Manajemen. Bekasi.
Wicaksana, R. H. (2017). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan.
Siagian, P, Sondang, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara
https://www.gojek.com diakses pada tanggal 04 Oktober 2019

Published

2022-04-30