PENGARUH CITRA MEREK, GAYA HIDUP DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI JANJI JIWA

Authors

  • Surya Bintarti Universitas Pelita Bangsa
  • Ergo Nurpatria Kurniawan Universitas IPWIJA
  • Ilham Muhammad Mardiputra Universitas Pelita Bangsa
  • Catur Sasi Kirono Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Citra Merk; Gaya Hidup; Harga; Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek, gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian kopi Janji Jiwa. Metode pengambil menggunakan metode accidental sampling. Jumlah sample yang diambil penelitian ini berasal dari 94 responden yaitu orang yang pernah membeli produk kopi Janji Jiwa. Pengambilan data menggunakan google form data yang sudah terkumpul di uji ke validannya dengan uji validitas dan uji reabilitas, software Analisa data yaitu menggunakan SEM-PLS. Hasil kesimpulan dari penelitian ini Citra Merek kopi janji jiwa berpengaruh positif cukup kuat sebesar (61% ) terhadap keputusan pembelian kosumennya, Gaya Hidup secara tidak berpengaruh positf sebesar (12%) terhadap kepetusan pembelian konsumennya, Harga kopi janji jiwa berpenagaruh positif lemah sebesar (19%) terhadap keputusan pembelian konsumennya

References

Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436

Andika, A., & Susanti, F. (2018, December 14). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUM DI AZZWARS PARFUM LUBEG PADANG. https://doi.org/10.31227/osf.io/upgc3

Andrew, Muhammad dkk. 2019. E-Service Quality dan Citra Merek terhadap Minat Beli: Studi E-Service Quality dan Citra Merek Shopee. Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis Vol 3 No. 1 2019 ISSN: 2580-8095

Anisa, Nur Aini dan Andrik Gastri Widjatmiko . 2021. “ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), CELEBRITY ENDORSEMENT AND LIFESTYLE IN THE INTEREST OF BUYING ONLINE SHOP PRODUCTS”. DOI: Https://doi.org/10.29138/ijebd.v4i1.1204 ISSN : 2597-4785

Chin dalam Imam Ghozali dan Hengky Lattang, Jalmo Hadi Prayitno, Asriansyah S. Mawung, & Achmad Syamsudin. (2020). Pengaruh Kompetensi, Insentif dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Tengah. Journal of Environment and Management, 1(2), 91-102. https://doi.org/10.37304/jem.v1i2.1744

Djatmiko, Tjahjono dan Rezza Pradana. 2015. Brand Image and Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia - Social and Behavioral Sciences 219 ( 2016 ) 221 – 227, DOI 10.1016/j.sbspro.2016.05.009

Hidayat, Wahyu Nur. 2021. Daftar Menu Kopi Janji Jiwa Terbaru https://www.ngobrasiana.com/daftar-menu-kopi-janji-jiwa/ date accessed September 2, 2021

Imam Ghozali dan Hengky Lattang, Jalmo Hadi Prayitno, Asriansyah S. Mawung, & Achmad Syamsudin. (2020). Pengaruh Kompetensi, Insentif dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Tengah. Journal of Environment and Management, 1(2), 91-102. https://doi.org/10.37304/jem.v1i2.1744

Iman, Farid Nur. 2019. “Strategi Ekspansi Kopi Janji Jiwa yang Menarik Diulik” https://bixbux.com/kopi-janji-jiwa/#Sejarah_Kopi_Janji_Jiwa accesed on August 28, 2021

Kotler, Philip and Armstrong. 2006. The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District. Scholars Bulletin (A Multidisciplinary Journal) Hal 263. ISSN 2412-9771 (Print) ISSN 2412-897X (Online) DOI: 10.21276/sb

Narullah, Muhammad Syafi’I (2021). “Sejarah Kopi Janji Jiwa | Pendiri, Asal Usul, Dan Franchise” https://www.zonaduit.com/2020/08/kopi-janji-jiwa.html date accessed Sepetember 02, 2021

Nugroho, Setiadi. 2010. Perilaku Konsumen: Perspektif kontemporer pada motif, Tujuan dan keinginan konsumen . Jakarta: Kencana pranada media

Nurhayati, Siti. 2021. Kunci Keberhasilan Kopi Janji Jiwa Mempertahankan Eksistensinya Ditengah Meningkatnya Kompetitor https://accuratesemarang.id/kunci-keberhasilan-kopi-janji-jiwa-mempertahankan-eksistensinya-ditengah-meningkatnya-kompetitor/ accessed September 5, 2021

Purnamasarie, Muticha dan Adi Sismanto. 2020. The Affect of Sales Promotion, Lifestyle and Product Price on Fashion Product Buying Interest. Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis Vol 1 No. 2 2020. e-ISSN 2723-424X

Purwanti et al. 2020. Jurnal Manajemen dan Bisnis : “The Effect of Promotion and Price on Purchasing Decisions” Vol. 4 No.2 Agustus 2020. P-ISSN 2579-4892 E-ISSN 2655-8327 DOI Https://doi.org/10.36555/almanac.v4i2.1410

Purwanti et al. 2020. The Effect of Promotion and Price on Purchasing Decisions. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No.2 Agustus 2020. P-ISSN 2579-4892 E-ISSN 2655-8327 DOI Https://doi.org/10.36555/almanac.v4i2.1410

Roscoe dalam Ferdinand. 2011. ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN WARUNK UPNORMAL DI KELAPA GADING. PROSIDING BIEMA Business Managemen, economic and accounting national seminar Volume 1, 2020 | Hal. 683 - 700 ISSN : 2746-7910

Rusman, Ni Nyoman et al. 2020. The Effect of Brand Image and Country of Origin on Consumer Buying Interest: Case Study on Yamaha NMAX Motorcycle in Denpasar City. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences Vol. 7 No. 3, May 2020 ISSN:2395-7492 DOI:10.21744

Solomon, M.R. 2011. ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), CELEBRITY ENDORSEMENT AND LIFESTYLE IN THE INTEREST OF BUYING ONLINE SHOP PRODUCTS. International Journal of Entrepreneurship and Business Development Volume 04 Number 01 January 2021. E- ISSN : 2597-4785 P- ISSN : 2597-4750 DOI https://doi.org/10.29138/ijebd.v4i1.1204

Sudarsono dan Sunarsi, 2020. Ibid

Tanady, Edi Sucipto. 2016. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen Vol.9 No.2 Mei 2020 ISSN : 2089-3477 https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663

Tjipjono dan Fandy. 2008. BRAND IMAGE AND PURCHASING DECISION: ANALYSIS OF PRICE PERCEPTION AND PROMOTION (LITERATURE REVIEW OF MARKETING MANAGEMENT). Dinasti Internationaal Journal of Economics, Finance and Accounting Volume 1, Issue 4, September 2020 E-ISSN : 2721-303X, P-ISSN : 2721-3021 DOI: 10.38035/DIJEFA

Yulianti, Yanti dan Yosini Deliana .2018. Correlation of Lifestyle with Consumer Decision on Buying Coffee. Jurnal AGRISEP Vol 17 No. 1 2018. ISSN:1412-8837 DOI 10.31186/jagrisep.17.1.39-50

Zainuddin, Didi. PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI MOTOR MATIK. Jurnal LPPM UNINDRA Volume 10, No. 3, Desember 2018, pp.220-227 DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i3.2902

Zulkarnain, R., Taufik, H., & Ramdansyah, A. 2020. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(01), 87-110. https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis

Downloads

Published

2022-10-21