Interprediksi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Ulang Atas Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi

Authors

  • Suparno Suparno Universitas Pelita Bangsa
  • Fendy Manunggal Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Price, Promotion, Quality of Service, and Buying Decision

Abstract

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman mengakibatkan persaingan yang semakin ketat antar perusahaan, maka salah satu cara untuk meningkatkan daya saing suatu perusahaan adalah dengan menghadirkan produk-produk yang berkualitas tinggi dan mampu memenuhi keinginan konsumen, harga yang terjangkau dan promosi yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sop buah Freshasan Cabang Banjarsari Selatan Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli soto buah Freshasan cabang Banjarsari Selatan Semarang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel “purposive random samplingâ€. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier.

Hasil dari penelitian ini adalah: Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 52,4%. Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 42,9%. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 53,4%. Secara bersama-sama harga, promosi, dan kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 94,7%.

Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar Freshasan perlu menjaga agar harga tetap sesuai dengan kualitas produknya. Freshasan juga harus meningkatkan intensitas promosi, kualitas pelayanan perlu dijaga agar konsumen puas dan melakukan pembelian berulang.

Published

2021-02-10