Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Marcks Venus LP Dinamic di PT. Kimia Farma Apotek (KFA), Jakarta

Authors

  • Etty Zuliawati Zed Universitas Pelita Bangsa
  • Yunita Ramadhani RDS Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpi.v14i02.341

Keywords:

Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Promosi Penjualan dan Kepuasan Konsumen

Abstract

Industri kosmetik kecantikan di Indonesia berkembang semakin cepat, hal ini membuat bisnis kosmetik kecantikan menjadi lebih dinamis terhadap perubahan pasar yang ada. Jenis metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah melakukan pembelian produk bedak Marck’ Venus LP Dinamic di area Jabotabek, sedangkan teknik sampelnya menggunakan teknik Accidental Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dapat dilakukan sewaktu-waktu sampai jumlah sampel (quota) yang diinginkan terpenuhi, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear, koefisien korelasi, koefissien determinasi, dan uji hipotesis dengan taraf signifikansi  0,05. Dari hasil penelitian diketahui secara parsial terdapat pengaruh antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, secara parsial terdapat pengaruh antara promosi penjualan terhadap kepuasan konsumen Marcks’ Venus LP Dinamic di PT. Kimia Farma Apotek (KFA) Jakarta, dan terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi penjualan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen Marcks’ Venus LP Dinamic di PT. Kimia Farma Apotek (KFA), Jakarta.

References

Al & Laura Ries, 2010, War In The Boardroom, Mengatasi Pertarungan Abadi, PT. Bhuana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia.
B Helpris Estaswara, 2008, Think IMC, Efectivitas Komunikasi Untuk Meningkatkan Merek dan Laba Perusahaan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran. alih bahasa Hendra Teguh, Ronny A. Rusli dan Benyamin Molan, penyunting Agus H.P, Jakarta: Prenhalindo.
_________, 2003, Marketing Management " Analysis, Planning, Implementation and Control". 9th Edition. New Jersey: Prenticehall.
_________, 2005, Marketing Management.l2th Edition. Upper Saddle River. New Jersey: Pearson Prentichall.

Kotler, Philip and Kevin Xeller, 2006, Marketing Management.l2th Edition. Upper Saddle River. New Jersey: Pearson Prentichall.
_________,2007, Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1. Terjemahan LinaSalim, Jakarta: Erlangga.
_________,2007, Manajemen Pemasaran Jilid 1. Indeks.
_________, 2008, Principle of Marketing, Prentice Hall; New Jersey, USA, Penterjemah: Alexander Sindoro (ed.8) dan Tim Markplus (revisi edisi 10).
Siregar, Sofyan, 2010, Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius, 2011, Service, Quality & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Ofset.

Published

2021-08-20