ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, JAMINAN RASA AMAN, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH BANK BRI DI CIKARANG
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpi.v18i01.5150Keywords:
Kepercayaan Konsumen, Jaminan Keamanan, Aksesibilitas, Minat MenabungAbstract
Di antara sejumlah bank nasional, peningkatan aplikasi tabungan terbesar selama tiga tahun terakhir adalah Bank BRI. Selama tiga tahun terakhir, jumlah pengajuan tabungan di Bank BRI lebih dari 30%. Peningkatan aplikasi tabungan yang menunjukkan minat menabung di Bank BRI disebabkan oleh kepercayaan konsumen, jaminan keamanan, dan aksesibilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak kepercayaan konsumen, jaminan keamanan, dan aksesibilitas terhadap minat menabung di Bank BRI. Penelitian ini menggunakan desain kausal. Variabel bebasnya adalah: kepercayaan konsumen, jaminan keamanan, dan aksesibilitas. Sedangkan variabel terikatnya adalah minat menabung. Jumlah sampel adalah 101 sampel. Teknik analisis data dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan nasabah dan jaminan keamanan tidak berpengaruh terhadap minat menabung, sedangkan aksesibilitas berpengaruh terhadap minat menabung di bank BRI
References
Abdallah, Muhammad dan Irsyad Lubis, 2014, “Analisis Minat Menabung Pada Bank Syariah Di Kalangan Siswa Sma Di Kota Medan (Studi Kasus: Siswa Madrasah Aliyah Negeri)”Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 3, No. 7. Hlm. 436- 447.
Assauri, Sofjan, 2011, :”Strategic Management, Sustainable Competitive Advantages”, Lembaga Management Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Bari’ah; Abidin, Z; Nurtjahjanti, H. (2009). Hubungan antara Kualitas Layanan Bank dengan Minat Menabung Nasabah PT. BRI Kantor Cabang Ungaran. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Barnes, James G., (2003). Secrets Of Customer Relationship Management, ANDI, Yogyakarta.
Dewi, Chandra dan Nuryati, 2014, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Minat Beli Konsumen Di Rumah Makan Boga-Bogi Surakarta”, Jurnal Informatika.
Ghozali,Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, Semarang.
Hair, Joseph F, et al, 2010, Multivariate Data Analysis with Reading, 7th Edition, Pretince-Hall, New Jersey.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran. Alhi Bahasa: Bob Sabran, Jilid 1. MM, Erlangga, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajad, 2003, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis, Erlangga Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, PT Salemba Empat, Jakarta.
Wulandari, A., Prakosa, A.S., Anhari, F.Z., Pamungkas, B.A., Suriyanti, R. 2021. Pentingnya Kepuasan dan Kepercayaan Memediasi Keamanan Bertransaksi Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 23 No 2, Agustus 2021 hal 101-114