Keputusan Pembelian : Citra Merk, Cita Rasa dan Harga Consumer

Authors

  • Surya Bintarti Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpi.v15i01.793

Keywords:

Keputusan Pembelian, Citra Merk, Cita Rasa, Harga

Abstract

Kondisi Covid-19 sd saat ini sangatlah menuntut semua kalangan masyarakat untuk bisa hidup berhati-hati dan benar-benar bisa konsistensi menjaga protocol kesehatan. Kondisi saat ini juga amat berat dari sisi ekonomi kebayakan masyarakat dalam mencukupi kebutuhan hidupnya sandang papan dan pangan. Apalagi beberapa bulan yang lalu juga terjadi musibah banjir dimana-mana, hal ini sangatlah berat untuk dijalani oleh kalangan dan kebayakan masyarakat. Masyakat harus bisa memilih dan memilih makanan apa yang harus dan bisa dikonsumsi  dengan baik, cepat dan ekonomis sesuai dengan kemampuan mereka  dan makanan  yang paling diserbu dan sangat dicari oleh kalangan masyarakat saat ini adalah mie instan.  Tingginya  permintaan mie instan ini  dibuktikan dengan data yang disajikan oleh Kusnanda dalam databoks.katadata.co.id, 2018. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah factor citra merk, cita rasa dan harga dari produk mie instan menjadi variable penting  dalam memutuskan pembelian mie instan.

Seluruh konsumen yang pernah mengkonsumsi mie instan indomi adalah populasi secara umum dan luas dan dengan demikian responden kami bersifat isendental. Data yang dikumpulkan melalui hasil jawaban responden diujia kelayakannya dan kemudian dilakukan analisa data.

Keputusan pembelian masyarakat sebagai konsumen  dipengaruhi oleh adanya pertimbangan Citra merk produk,  cita rasa dan harga produk mie instan. Konsumen dalam memutuskan untuk membeli suatu produk mie instan dalam mencukupi kebutuhan pangannya saat ini lebih tidak mengabaikan harga daripada produk mie instan dan lebih memperhatikan citra merk sebagai penjamin kemanan produknya  dan  juga cita rasa nya.  Nilai ini dari peryataan tersebut dibuktikan oleh perhitungan hasil analisa yang menujukkan bahwa harga produk mie instan hanya berpengaruh sebesar 40% sedangkan pertimbangan citra merk dan cita rasa produk mie instan masing-masing berpengaruh sebesar 70%, hal ini menujukkan bahwa masyarakat sebagai konsumen saat ini masih tetap mempertimbangan citra merk dan cita rasa ketika memutuskan pembelian mie instan.

References

Arfimasri dan Yulham 2016. “Pengaruh Keragaman Menu dan Harga terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Rumah Makan Aur Duri Sumani Kecamatan X koto Singkarak. Kabupaten Solok- Sumbar” Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi Vol.IV No.01 Mei-Oktober 2016,p.1-7 ISSN 2657-6302 (Print) ISSN 2503 1503
Drummond KE and Brefere LM.2010.Nutrition for Foodservice and Culinary Profesional’s, Seventh Edition.New Jersey:Jhon Wiley &Sons.Inc
Fatih Imantoro, Suharyono, Sunarti.2018. Pengaruh Citra Merek, Iklan, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Mi Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al-Hamam Riyadh). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol.57 No.1 April 201
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
……….. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
……….. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
Herawati, Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti ,Kardoyo.2019. Predicted Purchasing Decisions from Lifestyle, Product Quality and Price Through Purchase Motivation. JEE 8(1) 2019 : 1-11
Husein, Umar. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Guntur, Dr. Effendi M. 2010. Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.
Kusnanda , https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/03/inilah-10-negara-dengan-konsumsi-mi- instan-terbesar-dunia-2018
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran: Jilid 1. Edisi Milenium. Jakarta. Prehallindo
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.(2006).Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1&2.Jakarta:PT.Indeks
……… dan Keller,Kevin Lane.2009.Manajemen Pemasaran. Edisi 13.Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta:Erlangga
………...2012.Manajemen Pemasaran.Jilid 1 dan 2 .Jakarta : PT Indeks
Noor Suroija, Bangun Edi Sudrajat.2014. Analisis pengaruh harga , produk dan iklan terhadap keputusan pembelian mie instan merek indomie. Vol 22 no 1.ISSN : 1411.8971. JABPI
Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Schiffman and Lazar Kanuk, 2000, Costumer Behavior, Internasional Edition, Prentice Hall
Sutisna.2001.Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran,Cetakan 1.Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Stanner S, Thmpson R, & Butriss JL. (2009). Healthy Ageing: The Role of Nutrition and Lifestyle.British Nutrition Foundation. Wiley-Blackwell: Oxfor
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). In 2013. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono,Fandy.2015.Brand Management & strategy . Yogyakarta : Andy
Tjahjono Djatmiko, Reza Pradan.2016. Brand image and Product Price ; its impact for samsung smartphone purchasing decision. social and behavioral Science 219,pahe 221-227. Procedia
Roscoe. (1982). Research methods for business, 1982 dalam Sugiyono. In Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta, 2008
Onigbinde, isaac Oladepo (Ph.D.) , Odunlami Samuel Abimbola (M.Sc.).2015. The influence of brand image and promotional mix on conxumer buying decision – A study of beverage consumer in lagos state, Nigeria. British Journal of Marketing Studies Vol.3,No.4,pp97-109,may 2015

Published

2021-04-30