Pengaruh Kepercayaan, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi di PT. Mitra Indah Properti

Authors

  • Primaraga Sumantri Indra Wicaksana Universitas Pelita Bangsa
  • Nasrun Baldah Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpi.v15i01.794

Keywords:

Kepercayaan, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Program Rumah Rakyat Setapak atau Rumah Subsidi adalah program pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Dengan persyaratan yang mudah dan angsuran yang terjangkau, sehingga kesempatan para Pengembang Perumahan, salah satu Perumahan Bersubsidi yang banyak diminati masyarakat yaitu Perumahan Arafah Residence dari Pengembang PT. Mitra Indah Properti. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dengan populasi konsumen di perumahan Arafah Residence. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 80 responden. Untuk pengumpulan data meliputi penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda dan uji hipotesa.

Hasil penelitian adalah: 1) Hasil pertama menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar b1=-0.130 dan nilai probabilitas t hitung 0.441, jadi dapat disimpulkan bahwa Kepercayaan tidak mempengaruhi Keputusan Pembelian rumah bersubsidi di PT. Mitra Indah Properti. 2) Hasil kedua menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar b1=0.466 dan nilai probabilitas t hitung sebesar 0.000, jadi dapat disimpulkan bahwa Lokasi mempengaruhi Keputusan Pembelian rumah bersubsidi di PT. Mitra Indah Properti. 3) Hasil ketiga menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0.380 dan nilai probabilitas t hitung sebesar 0.004, jadi dapat disimpulkan bahwa Promosi mempengaruhi Keputusan Pembelian rumah bersubsidi di PT. Mitra Indah Properti.

References

Andrianto, Hendra Noky. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Innova Di Semarang. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Anonimous. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 21 / PRT / M / 2016 tentang Kemudahan dan/atau Bantuan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. 2016. JDIH Kementerian PUPR.
Bintarti, Surya. 2015. Metodologi Penelitian Ekonomi Manajemen, Jakarta. Mitra Wacana Media dan Pelita Bangsa PRESS.
Hayat, Afra Wibawa Makna. 2012. Pengaruh Lokasi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Distro Ouval Research Di Buah Batu Bandung. Jurnal UNIKOM, 1-16.
Kodu, S. Dalam Ghanimata, Fifyanita dan Kamal, Mustofa. 2013. Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal Riset Ekonom, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3). 1251-1259.
Okky Erviana. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Rr. Soewondo Kendal. Skripsi Program Studi Manajemen Universitas Negeri Semarang.
Pamungkas, Bagas Aji dan Siti Zuhroh. 2016. Pengaruh Promosi Di Media Sosial dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145-160.
Rondonuwu, Garry, Dantje kelles, dan Lucky F. Tamengkel dalam Tarigan. 2016. Pengaruh Lokasi Usaha terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pasar Swalayan Borobudur Manado). Jurnal Administrasi Bisnis 4(4), 1-8.
Sriyanto, Agus dan Aris Wahyu Kuncoro. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan, Ekuitas Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk LionStar Di Modern Market Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 4(2), 2252-6226.
Walukow, Agnes Ligia Pratisitia, Lisbeth Mananeke, dan Jantje Sepang. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA, 2(3), 1737-1749.
Wariki, Grace Marleen, Lisbeth Mananeka, dan Hendra Tawas. 2015. Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA, 3(2), 1073-1085.

Wicaksono, Yoga. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan di PT. Indo Samudra Perkasa Semarang). Skripsi Program Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Charles Lamb, W. et.al. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama. Salemba Empat: Jakarta.
Kotler dan Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran : Analisi, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi 11, (alih bahasa, Hendra Teguh). Jakarta. Erlangga.
Tjiprono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. ANDI : Yogyakarta.Severin, Werner J. and James W. Tankard, Jr. (1988). Communication Theories: Origins, Methods, Uses (2th ed.). New York: Longman Inc.
Folkerts, Jean. (1981).“William Allen White: Press, Power and Party Politics”. Disertation.
Kansas University
Hanura, Marten, 2018, Assessing Indonesia-Russia Foreign Policy during Susilo Bambang Yudhoyono Administration, Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 17, No. 1, Januari - Juni: 1- 20

Published

2021-04-30