Keputusan Pembelian Smartphone Merk OPPO Melalui Word Of Mouth, Iklan Dan Kualitas Produk

Authors

  • Ergo Nurpatria Kurniawan Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpi.v15i01.797

Keywords:

Word Of Mouth, Iklan, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian

Abstract

Smartphone china merk Oppo merupakan salah satu Smartphone yang paling banyak ke dua penjualannya di indonesia setelah Smartphone merk Samsung dari korea dikuartal 2016 dan 2017, padahal kalau kita lihat 10 tahun sebelumnya kita sering meremehkan produk handphone dari china. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui apakah Variabel Word Of Mouth, Iklan dan Kualitas Produk dapat mempengaruhi Variabel Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Metodepengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linear sederhana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 89 responden yang diambil pada mahasiswa manajemen angkatan 2014. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kusioner yang disebarkan. Hasil Rsquare variabel Word Of Mouth ditemukan sebesar 84,7%, hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara variabel Word Of Mouth terhadap variabel Keputusan Pembelian Smartphone Oppo, sedangkan sisanya sebesar 15,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak disertakan dalam penelitian ini . Untuk hasil R square variabel Iklan ditemukan sebesar 34,6%, artinya terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara variabel Iklan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo, sedangkan sisa nya sebesar 65,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Sedangkan untuk variabel Kualitas Produk hasil R square ditemukan sebesar 85,2%, hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara variabel Kualitas Produk terhadap variabel Keputusan Pembelian Smartphone Oppo, sedangkan sisa nya sebesar 14,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidakdisertakan dalam penelitian ini.

References

Bintarti S dan Ergo NK, 2017. A Study of Revisit Intention : Experiental Quality and Image of Muara Beting Tourism Site in Bekasi District terbit dijurnal European Research Studies Journal Vol. XX, Issue 2A, 2017.
Basrah Saidani dan dwi raga ramadhan 2013. Pengaruh iklan Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri Galaxy. Fakultas Ekonomi Program Studi S1 Manajemen Universitas Negeri Jakarta, Terbit di jurnal: Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Volume 4, No 1, Tahun 2013.
Diestutiace Lucky Puspita, Sunarti dan Edy Yulianto 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ilmu Administrasi Unuversitas Brawijaya , Terbit di jurnal: Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Volume 34, No 1, Tahun 2016.
Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 24.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasan, A. 2010. Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Media Pressindo. Yogyakarta. Jackson R.S Weenas 2013. Kualitas Produk, Harga, promosi Dan Kualitas
Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring bed
Comforta. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, Terbit di jurnal: Jurnal EMBA 607, Vol 1, No 4, Tahun 2013.
Kotler Philip dan Amstrong, 2001, Prinsip-Prinsip Manajemen, Jilid 1 Edisi Kedelapan, Terj.Damos Sihombing, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012.Principles of Marketing 14th edition.New Jersey : Prentice Hall.
Kotler, Philip and Garry Amstrong. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited Management : Knowledge and skills, Internasional. McGraw. Hill New York.
Kotler dan keller (2012) Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta : Erlangga. Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2010). Principles of Marketing. 13th Edition.
Jakarta : Prenice Hall.
Kotler, Philip dan K. L. Keller. 2009. ManajemenPemasaran. Alih bahasa oleh : Bob Sabran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta :Erlangga.
Kotler Philip, Manajemen Pemasaran jilid I dan II,Pt. indeks, Jakarta. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi
Ketiga Belas, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1.Erlangga: Jakarta.
LaForge, Ingram, dan Bearden. 2007. Marketing: Principles and Perspectives.
McGraw-Hill, New York..
Mowen Manullang 2005. Dasar-Dasar Manajemen Jakarta Ghalia Indonesia. Mowen, John C danMichael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa : Dwi
Kartini. Edisi 5 jilid 1. Jakarta. PT. Erlangga.
Monlee,& Jonson prinsip-prinsip pokok periklanan Dalam Prespektif Global,kencana, Jakarta (2011).
putra mahdiaksukma dan achmad fauzi 2018. pengaruh marketing word of mouth terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ilmu Administrasi Unuversitas Brawijaya, terbit di Jurnal: jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol. 55 No. 3 Februari 2018.
Rangkuti, F. (2015). Spritual Leadership in Business. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Peter, J Paul and Jerry C Olson. 2004. Consumer behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 1. (Edisi Keenam). Jakarta: Erlangga.
Rizky Desty Wulandari, Donant Alananto Iskandar 2018. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Fakultas Bisnis, Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, Jakarta Indonesia, Terbit: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.3, No.1 Februari 2018: 11 – 18 P-ISSN 2527–7502 E-
ISSN 2581-2165.
Setyo Ferry Wibowo, Maya Puspita Karimah 2012 Pengaruh Iklan Televisi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Terbit di jurnal: Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012.
Sernovitz, Andy. 2012. Word of Mouth Marketing. Austin: Greenleaf Book Group Press.
Setiadi, N. 2010. Perilaku Konsumen. Cetakan Keempat. Penerbit Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan keduabelas 2008. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah (2012). Perilaku Konsumen, Yogyakarta. Setiadi, N. 2010. Perilaku Konsumen. Cetakan Keempat. Penerbit Kencana
Prenada Media Group. Jakarta.
Yelkur, R. 2000. Customer satisfaction and the services marketing mix. Journal of Professional Services Marketing, 21, 105-115.

Published

2021-04-30