Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Suparno Suparno Universitas Pelita Bangsa
  • Novi Fitria Hermiati Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpi.v15i01.802

Keywords:

Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 responden dan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan diuji dengan metode analisis data secara komputerisasi SPSS.
Hasil penelitian ini terbukti deengan pengujian hipotesis yaitu: Uji T untuk menguji dengan membandingkan t hitung dengan t tabel atau dengan melihat kolom signifikan pada masing-masing t hitung. Sedangkan Uji F untuk menguji apabila variabel bebas secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan atau tidak signifikan dengan variabel terikat.
Uji T untuk variabel kualitas produk (X1) diperoleh t hitung = 2.285 dengan nilai signifikan sebesar (2.285 > 1.991) dan untuk variabel citra merek (X2) diperoleh t hitung = 4.395 dengan nilai signifikan sebesar (4.395 > 1.991) maka Ho ditolak sehingga Ha yang berpengaruh signifikan kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian diterima

References

Abdul, M. Fiqih Aziz, 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Persepsi Kepuasan Konsumen Pada CV. MULIA FROZINDO SIDOARJO. UIN 6666 Sunan Ampel Surabaya.
Ahmad Baihakki Zaini. 2013. Analisa pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Alma, Buchari. 2005. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.
Anonim. (2014). Pengertian kerjasama menurut para ahli. [Online]. Diakses dari http://www.duniapelajar.com/2014/07/29/pengertian-kerjasama-menurutpara-ahli/ (21 Noverber 2015).
Azwar. S. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desi Retno Ekawati, 2014, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi harga dan citra MerekTerhadap keputusan pembelian (Olive Fried Chicken tembalang semarang). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Dewi, Enden N. 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Mahasiswa Alih Program di Universitas Widyatama Bandung. Bandung : Universitas Widyatama, Fakultas Bisnis dan Manajemen.
Djatmiko,Tjahyono dan Rezza Pradana, 2015. Brand Image and Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision. Elsevier: Journal International.
Duwi Priyatno. 2016. “SPSS Hand Book”. Yogyakarta.Mediakom.
Ekawati, Desi Retno. 2014. Analisis engaruh Kualitas Produk Persepsi Harga dan Citra Nerek Terhadap Keputusan Pembelian Olive Fried Chicken Tembalang Semarang.Universitas Dipenogoro. Semarang.
Fandi Tjiptono. (1997). Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Andi: Yogyakarta.
Fatlahah, Aniek. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum”. Penelitian. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
George Kenyon and Kabir Sen, 2016, A mosdel for assesing consumer perception of quality, Lamar University, Beaumont, Texas, USA.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariri, Mahsa and Hossein Vazifehdust. 2011. How Does Brand Extension Affect Brand Image?. International Conference on Business and Economics Research. Vol.1 . Kuala Lumpur: IACSIT Press.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.
Kotler Philip. 2005, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler dan Keller, 2012, Marketing Management Edisi 14, Global Edition, Pearson Prentice Hall.
Mariëlle E.H. 2010. The importance of product aspects in choice: the influence of demographic characteristics. Emerald Publising.
Nela Evelina, Handoyo DW, Sari Listyorini. 2012. Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana telkomflexi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
Schiffman, L., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behavior. 10th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta. Bandung.
Tjahjono Djatmiko, Rezza Pradana , 2015. Brand Image and Product Price Its for Samsung Smartphone Purchasing Decision.
Ulva Anastasia dan Yulia Nurendah. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor, Indonesia.
Vivi Alvionita Moly, 2014. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia. Universitas Mulawarman.

Published

2021-04-30