Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone ASUS di Bekasi

Authors

  • Taufiq Rachman Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpi.v15i01.816

Keywords:

Inovasi Produk, Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keputusan pembelian produk smartphone Asus pada tahun 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnnya data tersebut diketahui dari top brand award. Smartphone Asus kurang diminati masyarakat karena masyarakat telah memilih produk cina yang bersaing cukup luas menciptakan ketertarikan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasiproduk, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penelitian ini dilaksanakan di di Bekasi, populasi pada penelitian ini adalah Konsumen Smartphone Asus di Bekasi dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi produk tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan arah positif.

References

Aikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.
Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21. Edisi 7. Universitas Diponegoro. Semarang
Http://asusstorelaptop.blogspot.com/p/structure-organizational-of- asus.html.
Http://www.Topbrand-awards.com. Top Brand index 2017, fase 2:kategori smartphone.
Harun Al Rasyid, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Speda Motor Yamaha di kota Tangerang Selatan. Perspektif Vol. XVI No. 1, 1411-8637, 2550-1178.
Heru Mulyanto & Anna Wulandari (2017). Metode & Analisis Penelitian. Depok: CV. Agung Semarang.
Hj Surya Bintarti,SE.,M.M (2015), Metodelogi Penelitian Ekonomi Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media
Kotler dan Amstrong. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran edisi kedua belas. Jilid kesatu.Jakarta :PT. Indeks.
Liliy Suhaily, S. D. (2017)Effect of Product Quality, perceived price, and brand image on purchase decision mediate by customertrust on Japanese brand electronic product). Jurnal Managemen, Vol, XXI, No, 02, 179-194.
Martinez, E., Polo, and Chernatory, L. (2008) ‘’Effect of brand Extention Strategies in brand image: A comparative studiesof the UK and Spanish Markets’’. International Marketing Review, 25, 107-137.
Peter halim, d (2014). The Influence of product quality, brand image, and quality of service to customer brand sharp electronics product at the south Kalimantan province). European Journal of business and management, Vol.6 No. 29, 2222-1905.
Rogers, M. Everett (2003) Diffusion of innovation 5th edisi. Free Press, New York.
Riyono dan Budiharja.2016. pengaruh kualitas produk, Harga, Promosi dan Brand image Terhadap Keputusan pembelian Produk Aqua dikota pati. STIE semarang.8(2).
Rakhmad Maulana, I. H. (2018). Pengaruh harga, Kualitas produk dan word of mouth Terhadap keputusan pembelian pada xiaomi smartphone. Jurnal ilmu dan manajemen riset Vol, 6, No.12,2461-0593.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R and D. ALFABETA. Bandung.
Schiffman, L.G dan Kanuk,L.L. 2004. Perilaku konsumen. edisi ketujuh.Indeks kelompok Gramedia. Jakarta.
Suryadi, d. (2017). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian (studi pada pengguna produk sepatu merek converse di fisip universitas merdeka malang). Jurnal bisnis dan manajemen.
Tjiptono, fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi
Vasquez-Brust, D.A., and sarkis, J. (2012). Green Growth: Managing the transition to a sustainable economy. Springer Dordrecht Heidelberg New york LondonSeverin, Werner J. and James W. Tankard, Jr. (1988). Communication Theories: Origins, Methods, Uses (2th ed.). New York: Longman Inc.
Folkerts, Jean. (1981).“William Allen White: Press, Power and Party Politics”. Disertation.
Kansas University
Hanura, Marten, 2018, Assessing Indonesia-Russia Foreign Policy during Susilo Bambang Yudhoyono Administration, Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 17, No. 1, Januari - Juni: 1- 20

Published

2021-04-30