Pengaruh Disiplin, Pelatihan Kerja, Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Produktivitas Karyawan

Authors

  • Ida Abdul Gopar Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpi.v15i01.821

Keywords:

Disiplin kerja, Pelatihan kerja, Lingkungan kerja fisik, Produktivitas

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh upaya peningkatan produktivitas kerja karyawan. Produktivitas kerja merupakan faktor yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan usaha perusahaan dalam segala aspek. Produktivitas kerja karyawan akan terus meningkat apabila karyawan selalu disiplin dan mengikuti setiap aturan perusahaan dan adanya lingkungan kerja yang baik. Adapun yang menjadi masalah pada penelitian ini adalah terjadi  penurunan produktivitas kerja karyawan pada PT. Indofarma (Persero) Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, pelatihan kerja, dan lingkungan kerja fisik terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Indofarma (Persero) Tbk. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui metode kuisioner terhadap 50 responden dari 50 karyawan, penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Penelitian diolah menggunakan analisis regresi linier berganda dibantu program SPSS 22. Disiplin Kerja berpengaruh positif tehadap Produktivitas, artinya semakin bertambahnya Disiplin Kerja maka akan meningkatkan Produktivitas kerja karyawan. Pelatihan Kerja berpengaruh positif terhadap Produktivitas, artinya semakin banyak Pelatihan Kerja yang diberikan atau adanya fasilitas Pelatihan Kerja yang diberikan maka semakin tinggi pula Produktivitas kerja karyawan. Lingkungan Kerja Fisik berpengaruh positif terhadap Produktivitas, artinya dengan Lingkungan Kerja Fisik yang baik maka akan meningkatkan Produktivitas kerja karyawan..

References

Astuti, M. I. (2016). Analisis Kemenarikan Desain Website, Reputasi Vendor, Dan Persepsi Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Dengan Persepsi Nilai Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, Vol.5, No.3, 1-17.
Billiclinton kalele, S. G. (2015). Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Motor Suzuki Satria Fu Pada PT. Sinar Galesong Mandiri. Jurnal EMBA, Vol.3, No.3, 451- 462.
Binsar Simarmata, S. M. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Vivo Pada Mahasiswa STIE ITMI. Jurnal Ilmiah "Integritas" Vol.2, No.1 .
Elizabeth Stephanie, L. J. (2013). Analisa Pengaruh Rio Dewanto Dan Donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Axe Anarchy Dengan Daya Tarik Iklan Dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1,No. 2, 1-9.
Kaaro, M. N. (2017). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Traveloka. Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi.
Kuspriyono, T. (2018). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta. Cakrawala, Vol. XVIII, No. 1.
Madiawati, P. A. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs WWW. Traveloka.Com. E- Proceeding Of Management, Vol. 3, No. 2.
Malik, H. R. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia.com Di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, Vol.3, No.1, 126- 145.
Mulyanto, A. W. (2017). Metode & Analisis Penelitian. Depok : CV Agung.
Nurcaya, E. P. (2017). Pengaruh Kualitas Website E-commerce Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Persepsi Risiko Konsumen (Studi Pada Konsumen E-Commerce di Kabupaten Bandung). Prosiding Seminar Nasional AIMI, 216-227.
Prasilowati, I. W. (2015). Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 17, No.2, 109-112.
Puspasari, E. (2017). Pengaruh Kualitas Website E-Commerce Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Persepsi Risiko Konsumen ( Studi Pada Konsumen E-Commerce di Kabupaten Bandung). Prosiding Seminar Nasional AIMI, 216-227.
Ramadhayanti, A. (2016). Pengaruh Web Desain Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online.
Rizky Demmy Pratama, I. S. (2014). Persepsi User Terhadap Desain Website ecommerce ( Studi Pada Pengguna Website JKM Store ). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.9, No.1.
Sihombing, D. H. (2016). Pengaruh Iklan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Niat Beli Konsumen Internet 4G Plus Indosat Ooredoo Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen.
Utami, U. N. (2017). Pengaruh Kualitas Desain Website Terhadap Niat Pembelian Dimediasi Oleh Persepsi Kualitas Produk Pada Lazada.co.id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, Vol. 2, No. 3, 55-69.
Wibisono, K. A. (2016). Pengaruh Institusional Structures, Trust in Seller, Seller Past Performance, Perceived Risk,Dan Customer Satisfaction Terhadap Transaction Intentions Di Situs Kaskus. Modus, Vol. 28, 53-70.
Widiyanti, W. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek dan Media Iklan Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Ninebox ( Studi Kasus pada follower @tempattasdotcom). Cakrawala, Vol. XVII, No. 1, 40- 50.
Wulandari, H. M. (2017). Metode & Analisis Penelitian. Depok : CV Agung.
Yoon, S.-J. (2002). The Antecedents And Consequences Of Trust In Online-

Published

2021-04-30