Marketing Strategy Analysis Of Smoke Mangut Catfish To Preserve Traditional Food (Case Study At Rinati Store in Tangerang City)

Authors

  • Etty Zuliawati Zed Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpi.v15i02.857

Keywords:

Strategi Pemasaran;Mangut Lele Asap; IFE, EFE, SWOT, QSPM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  (1) mengkaji strategi pemasaran yang selama ini telah diterapkan oleh Kedai Rinati dalam memasarkan produk mangut lele asapnya. (2) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi strategi pemasaran pada pemasaran mangut lele asap Kedai Rinati. (3) Merumuskan dan menetapkan alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan oleh Kedai Rinati dalam memasarkan produk mangut lele asap. Penelitian dilakukan di Kedai Rinati. Data dan informasi penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Pemilihan responden dilakukan secara purposive. Alat analisis yang digunakan adalah matrik EFE (Eksternal Factor Evaluation), matrik IFE (Internal Factor Evaluation), matrik SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), matrik IE (Internal-External) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil dari perhitungan matrik IFE dengan kekuatan utama perusahaan adalah produk yang berkualitas dan kelemahan utama perusahaan adalah minimnya modal yang dimiliki. Hasil dari perhitungan matrik EFE diperoleh dengan Peluang utama dari perusahaan adalah tingginya loyalitas konsumen terhadap produk perusahaan dan Ancaman utama dari perusahaan adalah banyaknya produk substitusi. Hasil dari penilaian matrik IE menempatkan perusahaan pada posisi sel V yaitu strategi menjaga dan mempertahankan. Hasil analisis SWOT menghasilkan 8 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan yaitu: 1) Mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. 2) Menjalin kerjasama dengan agen distributor yang potensial untuk menambah pangsa pasar. 3) Memanfaatkan lokasi yang strategis untuk menarik pelanggan yang potensial. 4) Menciptakan produk dengan bentuk dan cita rasa yang baru. 5) Mejalankan sistem manajemen organisasi internal perusahaan. 6) Membangun atau menyewa kios di tempat-tempat yang strategis untuk meningkatkan penjualan. 7) Melakukan kegiatan promosi dan iklan untuk menarik pelanggan potensial dan memperluas daerah pemasaran. 8) Membangun dan mengembangkan usaha patungan (Joint Venture) dengan pihak yang menyediakan modal dan bahan baku untuk meningkatkan kapasitas produksi. Berdasarkan hasil analisis matrik QSPM, dari delapan alternatif strategi yang ada terdapat satu alternatif strategi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh perusahaan yaitu mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen.

References

Arikunto, Suharsimi, 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teoristik”.
Rineka Cipta, Jakarta.
David, Fred, R. 2010. Strategic Management. Manajemen Strategis. Edisi Keduabelas, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 1.
Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2005. According To Kotler: Dalam Menjawab Pemesaran. Jakarta.
PT. Bhuana Ilmu Populer
K.Yin, Robert. 2011. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy, J. 2006.” Metodologi Penelitian Kualitatif”. PT Rosda Karya, Bandung.
Pasaribu, Leonard. 2008. “Analisis Strategi Pemasaran Susu UHT (Ultra High Temperature) (Studi Kasus : PT. ULTRAJAYA Tbk, Bandung)”.
Meilya Suzan Triyastuti,Daniel H. Ndahawali, Hetty M. Ondang. 2021. “Strategi Pemasaran Produk Ikan Cakalang Asap (Studi Kasus : UKM Frozen Seas)”.
Purnama, Lingga, M.C. 2004. Strategi Marketing Plan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT “Teknik Membedah Kasus Bisnis”.
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, Freddy. 2003. Busnis Plan : Teknik Membuat Perencanaan bisnis dan Analisis Kasus. Jakarta. Pt. Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Alfabeta Bandung.
Supranto, J. 2003. Metode Riset Aplikasinya dalam Pemasaran. Jakarta: Rineka Cipta

Published

2021-10-30