Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pelita Bangsa

Authors

  • Tri Wahju Wirjawan Universitas Pelita Bangsa
  • Ratno Wijaya Kusuma Prodi Magister Manajemen UPB
  • Muhammad Guntur Prodi Magister Manajemen UPB

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpi.v15i02.935

Keywords:

Promosi, lokasi, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian

Abstract

Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui pembelajaran atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. Undangundang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat (1) menyebutkan bahwa setiap negara berhak mendapat pendidikan, dan ayat (3) menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang

Penelitian kuantitatif ini melakukan observasi dan mengumpulkan data menggunakan teknik kuesioner sebanyak 88 responden pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Angkatan 2019. Hasil penelitian menujukan bahwa promosi memiliki nilai koefisien dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Lokasi memiliki nilai koefisien dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan memiliki nilai koefisien dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara parsial memiliki nilai koefisien signifikan 0,000< 0,05.Maka variable promosi, lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 89,3%

References

Arikunto: 2010 dalam Mia 2017 “pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan mahasiswa memilih prodi manajemen”
Babin, 2011 “Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Konsumen Menggunaka Jasa Pembiayaan pada PT. Bess Finance Manado, hal 51-59 ISSN 2303-1174. “Dandy Daud, 2013.
Baruna Hadi Brata, Shilvana Husani, Hapzi Ali 2017. “The Influence of Quality Products, Price, Promotian,and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta.
Buchari Alma 2003 dalam Ahmad Sidik 2017 “pengaruh Harga,Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian diminimarket indomaret (studi kasus minimarket indomaret bumi cikarang indah).
Dandy Daud, 2013. “Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Konsumen Menggunaka Jasa Pembiayaan pada PT. Bess Finance Manado, hal 51-59 ISSN 2303-1174
Fandy Tjiptono dalam Ahmad Sidik 2017 “pengaruh Harga,Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian diminimarket indomaret (studi kasus minimarket indomaret bumi cikarang indah).
Fandy Tjiptono, 2002 dalam Rizal Fachrul, Muhammad Adam, Mahdani, 2017 “Pengaruh Harga, Desain dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian serta Dampaknya pada Kepuasan Pasca Pembelian Perumahan dikota Banda Aceh” Jurnal Manajemen dan Inovasi Vol. 8 No. 3 2017 76-87
Heizer dan Render 2006 dalam Ahmad Sidik 2017 “pengaruh Harga,Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian diminimarket indomaret (studi kasus minimarket indomaret bumi cikarang indah).
I Dewa Ayu Juli Artini, I Ketut Kirya, I Wayan Suwendra. 2014 e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja,SUBANDOWO
Iis Solihah, 2017 “Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian.STIE Pelita Bangsa”.
Irmayanti Hamidah,Rony Ika Setiawan, 2014, pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian untuk meningkatkan penjualan motor merek honda tipe vario (studi kasus pada pt mitra pinasthika mustika tbk).
Kotler dan Amstrong dalam Iis Solihah, 2017 “Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian”.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.
Lidiya mongi, lisbetth mananeke dan agustarefi,2014, Kualitas produk , strategi promosi dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian kartu simpati telkomsel di kota manado.
Mahmud I. Nour, mohammad salamh almahirah, Sultan "Mohammed Said," Sultan Freihat,2014, The Impact of Promotional Mix Elements on Consumers Purchasing Decisions.
Mahsa Familmaleki, Alireza Aghighi and Kambiz Hamidi,2015, Analyzing the Influence of Sales Promotion on Customer Purchasing Behavior.
Mau Gunna, Michae Schuhen, 2016,Emerald insight Vol. 17 iss 2 “How children make purchase decuisions : purchase strategies of the cued processors at the point of sale”
Mia, 2017 “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Mahasiwa Memilih STIE Pelita Bangsa Prodi Manajemen”
Riefirman, Leon, Kanuk, Leslie Lazar and Wisenblit, Joseph. (2013). Consumer Behavior, 10 Edition, Prentice Hall, Singapore.
Sugiyono dalam Dandy Daud, 2013. “Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Konsumen Menggunaka Jasa Pembiayaan pada PT. Bess Finance Manado, hal 51-59 ISSN 2303-1174
Sutisna., & Sunyoto. (2013:86). Tiga hal penting dari memahami model keputusan pembelian konsumen.
Tjiptono, 207, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap a Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurna manajemen pemasaran Vol.2 No 1 2014. WIDJOYO SHANDY
Tjiptono, Fandi dan Gregorius Chandra 2012, Pemasaran Strategi, ANDI. Zaitmal et al 1985 dala Mia 2017 “pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan mahasiswa memilih prodi manajemen”
http://repository.unimus.ac.id/806/3/BAB%20II%20.pdf
www.pelitabangsa.ac.id

Published

2021-10-31