Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di PT Cairnhill Serviech Inti

Authors

  • Robert Yan Prodi Magister Manajemen UPB
  • Tio Go Ban Prodi Magister Manajemen UPB

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpi.v15i02.937

Keywords:

Produk, Harga, Tempat, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Produk, Harga, Tempat, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen di PT Cairnhill Serviech Inti. Metode penelitian ini menggunakan analisis dekriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber penelitian ini menggunakan data primer. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 45 konsumen PT Cairnhill Serviech Inti dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara Produk, Harga, Tempat, dan Promosi secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen, dimana variabel tersebut memberikan pengaruh sebesar 74,4% terhadap kepuasan konsumen. Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara produk dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Besar pengaruh produk terhadap kepuasan pelanggan adalah 33.24% dan besar pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen adalah 25.80%. Namun, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Harga dan Tempat secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen di PT Cairnhill Serviech Inti

References

Ahmad Subagyo. 2015. Manajemen Koperasi Simpan Pinjam. Jakarta: Mitra Wacana Media
Akbar Andhika, Annisa Uswatun Hasanah, Intan Rahmawati, Vicky F Sanjaya. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Study Kasus Cafe Inspirasi Corner). Jurnal UMITRA. Vol.1 No.2
Andi, Tri Haryono, dkk. Pengaruh Inovasi Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat (Studi Kasus pada Konsumen Dealer Honda Pratama Kurnia Kasih), Journal of Management Vol. 1 No. 1 2015
Diyatma Jatmika Aris, 2017. “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap keputusan pembelian produk saka bistro dan bar”.Jurnal e-Proceeding of Management Vol.4, No.1 April 2017.
Fahreza, Andro. 2019. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Fino 125 di PT. Alfa Scorpii Binjai. Jurnal Pancabudi. Vol. 1 No.1
Gitosudarmo, Indriyo. 2014. Manajemen Operasi. Yogyakarta: BPFE.
Gujarati, Damodar. 2013. Basic Econometrics (Ekonometrika Dasar). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jerry C. Olson dan Peter J. Paul. 2014. Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Edisi. Sembilan. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15. Global Edition: Pearson.
Nasution, M.Nur. 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality. Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sari, Ita Purnama, Ratya Anindita, Putri Budi Setyowati. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. Jurnal Ekonomi Universitas Brawijaya.
Schiffman, Leon G., dan Leslie Lazar Kanuk. 2020. Consumer Behaviour, Fifth. Editions. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Stanton, William J. 2014. Prinsip pemasaran. Jakarta :Penerbit Erlangga.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Published

2021-10-31