Pelatihan-Workshop Pengenalan dan Pemanfaatan Metode Penelitian Al-Maudhu’i dan Pemakaian Software-Zekr Alat Bantu Analisis Penelitian Berbasiskan Al-Qur’an Untuk Mahasiswa, Peneliti, Dosen

Authors

  • Yudianto Achmad UNIVERSITAS PELITA BANGSA
  • Supriyanto
  • Sarwo Edy
  • Listian
  • Adam

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i1.1558

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang berbentuk pelatihan-workshop ini, ditujukan untuk para Mahasiswa, Peneliti, Dosen dilingkup Universitas Pelita Bangsa yang akan melakukan penelitian ilmiah dengan berbasiskan Al-Qur’an.  Secara umum bagi para Mahasiswa, Peneliti, Dosen tersebut, pasti mengenal dengan baik dan memanfaatkan suatu bentuk  metode penelitian, serta alat bantu proses analisis penelitian.  Namun pada penelitian ilmiah berbasiskan Al-Qur’an, ada satu bentuk metode penelitian ilmiah yang banyak dipakai, yakni berupa metode penelitian yang dikembangkan oleh para ulama dan ilmuwan Islam kontemporer yang dalam bahasa Arab disebut dengan metode penelitian Tafsir Al-maudhu’i. Metode penelitian ini berupaya menguraikan suatu topik dalam penelitian dengan jalan menghimpun seluruh atau sebagian ayat-ayat dari beberapa surat  Al-Qur’an yang berbicara tentang topik penelitian tersebut,  selanjutnya akan dikaitkan antara satu topik dengan topik yang lainnya dalam penelitian, sehingga dapat diambil kesimpulan menyeluruh pemecahan topik permasalahan penelitian ilmiah berbasis Al-Qur’an. Selain itu dibutuhkan sebagai alat bantu analisis penelitian dimaksud, diantaranya berupa software Komputer yang berbasis Artificial Intelligence, yakni disebut dengan Software-Zekr yang berfungsi untuk dapat mencari kandungan kata yang digunakan sebagai kata inti dari topik permasalahan dalam penelitian ilmiah berbasis Al-Qur’an dalam surat dan ayat Al-Qur’an, sehingga akan semakin memperkuat ketajaman analisis dalam penelitian dimaksud, pada akhir akan menghasilkan keluaran penelitian yang sesuai dengan tujuannya. Pada awalnya para Mahasiswa, Peneliti, Dosen dimaksud banyak yang belum mengenal, serta  banyak yang belum memanfaatkan Metode Penelitian Al-Maudhu’i dan Software-Zekr di dalam melakukan proses penelitian ilmiah berbasiskan Al-Qur’an. Kesimpulan akhir dari kegiatan ini adalah bahwa para Mahasiswa, Peneliti, Dosen tersebut dapat mengenal dan mengetahui, serta akan memanfaatkan Metode Penelitian Al-Maudhu’i dan Software-Zekr di dalam melakukan proses penelitian ilmiah berbasiskan Al-Qur’an.

Author Biographies

Supriyanto

 

 

Sarwo Edy

 

 

Listian

 

 

Adam

 

 

References

A. Yudianto, Pendidikan Karakter Indigenous Dalam Perspektif Al-Qur’an, Bekasi: Bahana Cerdas Hati, 2019, ISBN 978-623-92018-0-7.

Achmad, Yudianto, Pengantar Penjelajahan Isyarat Sains dan Teknologi Al-Qur'an Ayat per Ayat, Bekasi: Bahana Cerdas Hati, 2020, ISBN 978-623-92018-6-9.

Djalal, Abdul HA, Urgensi Tafsir Maudhu’i Pada Masa Kini, Jakarta: Bulan Bintang, 1991.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an – Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, Tafsir Al-Qur’an Tematik, Jakarta: Aku Bisa, 2012.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an – Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama, Tafsir Al-Qur’an Ilmi: Air Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains, Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an – Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2011.

Rosidin, ed. Dhia Ulmila, Metodologi Tafsir Tarbawi, Jakarta: Amzah, 2015.

Zekr. Software Komputer, Proyek Qur’an Dzikir, Versi 1.10. https://zekr.org

Downloads

Published

2023-01-30

Issue

Section

Articles