Penerapan Pembelajaran Website Pelayanan Desa Untuk Meningkatkan pengetahuan Teknologi Bagi Perangkat Desa Teluk Buyung

Authors

  • Ismasari Nawangsih Universitas Pelita Bangsa
  • Adi Rusdi Widya Universitas Pelita Bangsa
  • Asep Arwan Sulaeman Universitas Pelita Bangsa
  • Agus Suwarno Universitas Pelita Bangsa
  • Antika Zahrotul Kamalia Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i1.1563

Keywords:

Pelatihan, E-desa,  Perangkat desa

Abstract

Abstrak

E-desa merupakan  sistem informasi online yang di gunakan sebagai wadah pelayanan  kepada masyarakat. Desa  Telukbuyung, Pakis Jaya Karawang. Rata – rata masyarakat berprofesi sebagai petani. Tata letak kantor desa yang strategis dari masyarakatnya. Mempunyai kendala bagi perangkat desa dalam memberikan informasi kepada masyarakatnya. Bila ada info  penting  mereka juga turun langsung ke rumah masyarakat. Terkadang masyarakat tesebut tidak dapat bertemu. Karena  masyarakat sibuk bekerja sehingga informasi tidak tersampaikan. Untuk masyarakatnya mempunyai kendala dalam mendapatkan informasi bantuan desa, kegiatan, jadwal  dan informasi desa harus datang ke kantor desa setempat. Informasi  yang mereka dapatkan di lihat dari papan pengumuman. Bila tidak ada   informasi  masyarakat kembali pulang.  Hal ini sangat membuang waktu dan mendapatkan informasi  yang tidak pasti. Maka untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan desa, Tim Dosen mengadakan pengadian kepada masyarakat dengan memberi pelatihan berupa website e-desa kepada perangkat desa. Agar mereka mengerti tentang teknologi serta mempercepat cara kerja pelayanan  kepada masyarakat dan program – program desa terkontrol dan informasi terupdate  secara langsung.

Kata Kunci:  Pelatihan, E-desa,  Perangkat desa

Author Biographies

Ismasari Nawangsih, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Adi Rusdi Widya, Universitas Pelita Bangsa

 

 

 

Asep Arwan Sulaeman, Universitas Pelita Bangsa

 

 

 

Agus Suwarno, Universitas Pelita Bangsa

 

 

 

Antika Zahrotul Kamalia, Universitas Pelita Bangsa

 

 

 

References

Angga Riyadipura, “Implementasi E-Government Dalam Peningkatan Pelayanan Publik”, Proc. Hubungan Masyarakat. IEEE Vol 1 No 2, May 1994.

Zanuar Rifai, Trias Bratakusuma, Ratna Arvianti, ” Perancangan Sistem Informasi Desa Terintegrasi Studi Kasus Desa Melung”, ITCIDA Vol.5 No.2, Desember 2019.

Dewa Gede Atmajaya and Gede gede Wirata , “Peranan E- Goverment dalam Meningkatkan Pelayan Publik Desa Sanding Kecamatan Tampak Siring”, Widyanata Vol. 18 No.1, 2021

Rosa A.S. and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak, Informatika Bandung, September 2015.

Priyanto Hidayatullah and Jauhari Khairul Kawistar, Pemograman Web, Informatika Bandung, Juli 2014.

Dermawan, J. and Harini, S, “Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Sistem Informasi Perhitungan Nilai Mata Pelajaran Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening”, Paradigma , 2017.

Rendy, M., Widodo.R & Zainuddin, M. R., “Sistem Informasi Dan Pengolahan Data Kursus Mobil berbasis Web Dengan SMS Gateway di Armada Pasuruan”, Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, pp85-104, 2016.

Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Regulasi Baru, Desa Baru.

Didik.G.Suharto, “membangun Kemandirian Desa” (Perbandingan UU No.5/1979,UU No.22/1999, & UU No.32/2004 serta Perspektif UU No.6/2014), Pustaka Pelajar, Yogyakarta 2016.

Downloads

Published

2023-01-10

Issue

Section

Articles