PENYULUHAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN DESA BERSIH DENGAN MEMBANGUN BANK SAMPAH DI DESA SUKARAGAM

Authors

  • Ahmad Gunawan Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i1.1601

Keywords:

Desa bersih, Bank Sampah

Abstract

Sampah selalu menjadi permasalahan di masyarakat, selain mengurangi keindahan, kerapian dan kebersihan akan tetapi juga menjadi sarang penyakit. Karena itu dibutuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah secara sembarangan dan dibutuhkan juga suatu terobosan dalam pengelolaan sampah.

Bank sampah diangggap sebagai salah satu solusi dalam pengelolaan sampah, paradigma masyarakat bahwa sampah adalah barang tak berguna sehingga dibuang begitu saja, dapat diubah menjadi sesuatu yang memiliki nilai dan harga. Dengan Bank sampah, masyarakat dapat menabung sampah dan kemudian dalam kurun waktu tertentu dapat menghasilkan uang. Munculnya Bank sampah, selain memunculkan kesadaran masyarakat akan kebersihan untuk tidak membuang sembarangan tapi dapat juga menjadi penghasilan tambahan. Butuh ide kreatif agar sampah-sampah yang menumpuk dapat menjadi sebuah produk menarik dan bernilai jual tinggi.

References

M. Novianty, “Dampak program bank sampah terhadap sosial ekonomi masyarakat di kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan,” Welfare State, vol. 2, no. 4, p. 222073, 2013.

A. Nuryani, “Peranan Bank Sampah Gemah Ripah Terhadap Kesempatan Kerja dan Pendapatan Keluarga di Kabupaten Bantul, DIY.” Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas …, 2012.

H. S. Dongoran, R. H. Harahap, and U. Tarigan, “Implementasi Peraturan Walikota Medan tentang Unit Pelaksanaan Teknis Pelayanan Kebersihan dan Bank Sampah,” Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, vol. 8, no. 1, pp. 47–64, 2018.

A. S. Suryani, “Peran bank sampah dalam efektivitas pengelolaan sampah (studi kasus bank sampah Malang),” Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, vol. 5, no. 1, pp. 71–84, 2014.

I. Purwanto, D. D. S. Fatimah, and P. Partono, “Perancangan Sistem Informasi Transaksi Tabungan Bank Sampah Garut,” Jurnal Algoritma, vol. 9, no. 2, pp. 254–265, 2012.

Downloads

Published

2023-01-30

Issue

Section

Articles