Visualisasi Sebagai Edukasi Pencegahan Banjir Di Lingkungan Rw 009 Perum. Bumi Citra Lestari Desa Waluya Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi

Authors

  • Wiyanto Wiyanto Universitas Pelita Bangsa
  • Purnama Sakhrial Pradini Universitas Pelita Bangsa
  • Agung Nugroho Universitas Pelita Bangsa
  • Andri Firmansyah Universitas Pelita Bangsa
  • Sutrisno Aji Prasetyo Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i1.2063

Keywords:

Tridharma, PKM, Edukasi, Simulasi, Visualisasi

Abstract

Menjadi kewajiban bagi Dosen untuk memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Dalam rangka pemenuhan kewajiban tersebut, berbagai macam bentuk pengabdian terhadap sesama hendaknya dapat dilakukan oleh Dosen dan dapat melibatkan mahasiswa Universitas Pelita Bangsa khususnya pada Prodi Teknik Informatika dan Prodi Arsitektur. Program pengabdian yang dilakukan ini adalah melakukan simulasi pencegahan dan solusi banjir secara visual di Perumahan Bumi Citra Lestari RW 009, Ds. Waluya, Kec. Cikarang Utara, Kab. Bekasi, yang merupakan wadah pembekalan Dosen atau pembinaan mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam mengamalkan profesionalisme disiplin ilmu ke tengah masyarakat. Manfaat lain dari pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman bagaimana cara mencegah dan memberikan solusi banjir di lingkungan RW 009 di Perumahan Bumi Citra Lestari RW 009, Ds. Waluya, Kec. Cikarang Utara, Kab. Bekasi. Pengabdian ini diselenggarakan dengan menggunakan metode edukasi dan penjelasan simulasi secara visual tentang pencegahan dan solusi banjir yang dapat diantisipasi oleh masyarakat.

References

A. S. Adli and S. Rani, “Wasiban: Game Edukasi untuk Meningkatkan Kewaspadaan dan Kesiagaan Terhadap Banjir,” Automata, vol. 1, no. 2, 2020.

R. Lakoro, A. Sachari, A. Ebw, S. Sabana, and Sayatman, “Reinvensi Budaya Visual dalam Edukasi Bencan,” Semin. Nas. Seni dan Desain 2019, no. September, pp. 339–347, 2019.

S. Angreini and E. Supratman, “Visualisasi Data Lokasi Rawan Bencana Di Provinsi Sumatera Selatan Menggunakan Tableau,” J. Nas. Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 135–147, 2021, doi: 10.47747/jurnalnik.v2i2.528.

A. Taryana, M. R. El Mahmudi, and ..., “Analisis Kesiapsiagaan Bencana Banjir Di Jakarta,” JANE-Jurnal Adm. …, vol. 13, no. 2, pp. 302–311, 2022.

K. Hamparan et al., “PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP SIKAP KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT PADA BENCANA BANJIR DI DESA TANJUNG KECAMATAN HAMPARAN RAWANG PROVINSI JAMBI,” J. Keperawatan Sriwij., vol. 9, no. 2, pp. 13–17, 2022.

Downloads

Published

2023-02-20

Issue

Section

Articles