Edukasi Digitalisasi Pemberdayaan dan Pemasaran Produk UMKM di Desa Boboh, Kabupaten Gresik

Authors

  • Syamsul Arifin sekolah tinggi ilmu ekonomi pemuda
  • Lelli Kisdayanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda
  • Abu Darim
  • Andrik Gastri Widjatmiko
  • Siti Nur Chotima
  • Evi Maulidya Putri Halisya

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i1.2068

Keywords:

Edukasi, Pemberdayaan, UMKM, Digitalisasi

Abstract

Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan program yang diterapkan untuk memberikan manfaat bagi mahasiswa agar dapat belajar mengenali dan mengkaji permasalahan yang ada dengan menerapkan ilmu yang sudah didapatkan sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat dan bermanfaat untuk masyarakat itu sendiri untuk mendapat pilihan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan dari KKN ini adalah untuk membantu masyarakat mengembangkan UMKM di era digitalisasi, dengan melakukan pendekatan selama satu bulan sehingga diperoleh hasil bahwa rata-rata pelaku usaha masih belum memanfaatkan media internet sebagai sarana untuk mempromosikan produk sehingga dari permasalahan tersebut mahasiswa bekerjasama dengan dosen membantu merencanakan program pengembangan, edukasi dan pemberdayaan UMKM Dusun Gantang agar dapat bertahan di era digitalisasi.

References

W. I. Satria, P. D. Zulkarnain, and M. Effendy, “PKM Penyuluhan Tren UMKM di Era Industri 4.0,” J. Abdimas Dedik. Kesatuan, vol. 2, no. 2, pp. 177–184, 2021.

Gunartin, “Penguatan UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa,” EDUKA; J. Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 46–55, 2017.

S. Fuadillah, A. A. Amalia, and K. W. Nur, “Pelatihan food photography bagi kelompok UKM kuliner Kecamatan Rappocini Kota Makassar,” KACANEGARA J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 4, no. 2, p. 151, 2021.

A. Z. Yamani, A. W. Muhammad, and M. N. Faiz, “Penguatan Ekonomi Lokal Pada Pelaku UMKM Berbasis Digital Di Desa Winduaji Kabupaten Brebes,” Madani Indones. J. Civ. Soc., vol. 18, no. 1, pp. 24–28, 2019.

G. H. Wasan and A. Sariningsih, “Pelatihan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis digital di Kecamatan Citeureup,” J. Pengabdi. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 31–36, 2021.

S. N. Khafidloh, S. Hermuningsih, and A. Maulida, “Peran fintech terhadap perkembangan UMKM di Yogyakarta,” Inovator, vol. 10, no. 2, pp. 93–99, 2021.

Junaidi, “Pelatihan Manajemen Keuangan sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM dalam Menghadapi MEA di Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur,” Reson. J. Ilm. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 46–51, 2017.

D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2017.

K. Hamdi and D. Yadewani, “Pengembangan usaha kuliner home industri sebagai peluang kaum perempuan menuju industri kreatif,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, pp. 101–116, 2019.

Downloads

Published

2023-02-20

Issue

Section

Articles