Edukasi Pentingnya Pangan Sehat untuk Anak Usia Dini bagi Orang Tua dan Guru di TK Insani 1, Bekasi

Authors

  • Tantry Febrinasari Universitas Pelita Bangsa
  • Andini Putri Riandani Universitas Pelita Bangsa
  • Supriyati Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i2.2112

Keywords:

Anak Usia Dini, Seminar Edukasi, Pangan Sehat, Konsumsi Berkesadaran

Abstract

Anak usia dini sedang mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Gizi merupakan salah satu faktor mutlak yang diperlukan oleh tubuh dan memegang peranan penting dalam menunjang tumbuh kembang serta kesehatan anak usia dini secara optimal. Setiap harinya anak usia dini memerlukan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Orang tua dan guru sebagai lingkungan terdekat anak memiliki peran sangat sentral terhadap pemenuhan gizi anak yakni dengan memberikan pangan yang sehat sehingga asupan gizi yang dibutuhkan tercukupi dengan baik. Permasalahannya, pemahaman orang tua terhadap pentingnya memberikan asupan pangan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini masih sangat terbatas sehingga praktiknya cenderung tidak maksimal. Salah satu permasalahan yang sering terjadi di lingkungan anak usia dini adalah banyak orang tua yang kurang bijak dalam memberikan produk pangan kemasan atau junkfood yang minim gizi pada anak. Kegiatan seminar edukasi pentingnya pangan sehat bagi anak usia dini ini diadakan di TK Insani 1, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta seminar, yang merupakan orang tua murid dan guru, tentang pentingnya pangan sehat dan gizi seimbang anak usia serta mampu memahami konsep konsumsi berkesadaran/mindful consumption sehingga anak usia dini memiliki pola makan yang lebih sehat dengan gizi yang cukup dan seimbang untuk menunjang  tumbuh kembang serta kesehatannya secara optimal.

References

H.S.S. Hasdianah dan Y. Peristyowati, “Gizi, Pemanfaatan Gizi, Diet, dan Obesitas”, 2014, Yogyakarta. Nuha Medika.

Adante, “Pentingnya Asupan Gizi dan Makanan Sehat bagi Perkembangan Anak Usia Dini”, 2018. Available: http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/ berita/index/2018 1121140316/Pentingnya-Asupan-Gizi-dan-Makanan-Sehat- Bagi-Perkembangan-Anak-Usia-Dini. [Accessed 28 October 2022].

D.N. Inten dan A.N. Permatasari, “Literasi kesehatan pada anak usia dini melalui kegiatan eating clean”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No. 2, hal 366-376, 2019. Available: 10.31004/obsesi.v3i2.188

D. Herawati, “Pengawasan Asupan Gizi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD oleh Pendidik Melalui Program “MUSIM SEMI”, Jurnal Ilmiah PESONA PAUD Vol 7, No. 2, 2020.

S. Septiani, “Ahli Gizi: Sadar dan Bijak saat Memilih dan Mengonsumsi Makanan”, 2021, Available: https://mediaindonesia.com/humaniora/396077/ahli-gizi-sadar-dan-bijak-saat-memilih-dan-mengonsumsi-makanan. [Accessed 31 October 2022]

Downloads

Published

2023-07-15

Issue

Section

Articles