Implementasi Pendataan Warga RT 01/ RW017 Blok E Perumahan KSB- Serang Baru Bekasi

Authors

  • Muhammad Makmun Effendi Universitas Pelita Bangsa
  • Nurhadi Universitas Pelita Bangsa
  • Arif Universitas Pelita Bangsa
  • Purnama Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i2.2445

Keywords:

Data Warga RT01, Web Aplikasi,Waterfall, Laravel

Abstract

Kemajuan Teknologi saat ini terus berkembang dengan pesat dan mendorong manusia juga menginginkan kemudahan apapun dalam aktivitas yang dilakukan,  untuk itulah salah satu perumahan yang ada di Jawa Barat tepatnya Perum KSB Blok E RT01/RW 017 yang pada saat ini masih melakukan pengelolaan data warga dengan menggunakan platform Excel yang saat ini masih ada kelemahan nya yaitu  jarang dilakukan pemuktahiran awal karena pengelolaan datanya tidak satu sumber sehingga masih banyak diketemukan data warga yang sudah tidak tinggal disana ataupun adanya penambahan warga sehingga pengelolaan data yang ada saat ini kurang baik, oleh sebab itu team PKM di Universitas melakukan kegiatan PKM kepada Warga RT0/RW 017 Blok E Perumahan Kota Serang khususnya RT01/RW 017 sebagai contoh untuk diberikan pelatihan  mengenai pengelolaan data menggunakan website berbasis website yang terintegrasi dengan database sehingga PKM ini menghasilkan sebuah Sistem Aplikasi Pendataan Penduduk Berbasis Web dengan menggunakan Bahasa pemograman PHP, Javascript dengan metode Waterfall  sehingga dapat membantu warga Perumahan Kota Serang Baru  dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas pendataan kependudukan dan iuran warga, dengan memberikan media yang dapat membantu pihak RT/RW dalam pengelolaan data yang berkaitan dengan penduduk

 

Author Biographies

Nurhadi, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Arif, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Purnama, Universitas Pelita Bangsa

 

 

References

“Anugerah Land Group,” 2022. https://anugerahland.co.id/) (accessed Nov. 06, 2022).

“Kenali Apa Itu RT/RW,” 2022. https://mh.uma.ac.id/kenali-apa-itu-rt-rw/ (accessed Nov. 06, 2022).

“Dokumen Perda Kabupaten Bekasi,” 2010. https://jdih.bekasikab.go.id/page/info/produk/435 (accessed Nov. 06, 2022).

A. Apostu, F. Puican, G. Ularu, G. Suciu, and G. Todoran, “Study on advantages and disadvantages of Cloud Computing–the advantages of Telemetry Applications in the Cloud,” Recent Adv. Appl. Comput. Sci. Digit. Serv., vol. 2103, 2013.

Y. Sari, Logika Algoritma, Pseudocode, Flowchart, dan C++. Perahu Litera, 2017.

Y. Yudhanto and H. A. Prasetyo, Panduan Mudah Belajar Framework Laravel. Elex Media Komputindo, 2018.

D. D. Dvorski, “Installing, configuring, and developing with Xampp,” Ski. Canada, 2007.

Y. S. Dwanoko, “Implementasi Software Development Life Cycle (SDLC) Dalam Penerapan Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak,” J. Teknol. Inf. Teor. Konsep, dan Implementasi, vol. 7, no. 2, p. 143003, 2016.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. Novemb., pp. 1–5, 2020.

A. Abdurrahman and S. Masripah, “Metode Waterfall Untuk Sistem Informasi Penjualan,” Inf. Syst. Educ. Prof. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 95–104, 2017.

Downloads

Published

2023-07-15

Issue

Section

Articles