Packaging & Labelling Produk UKM Dapur J24 Desa Mangunjaya, Bekasi

Authors

  • Anita Suri Universitas Pelita Bangsa
  • Yusuf Irfan Universitas Pelita Bangsa
  • Dhonny Suwazan Universitas Pelita Bangsa
  • Tantry Febrinasari Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i2.2496

Keywords:

UKM, Dapur J24, Label, Kemasan, Produk

Abstract

Pemberdayaan UMKM adalah salah satu upaya strategis dalam mengantisipasi perekonomian masa depan. Sebagian besar UKM adalah terdiri dari industri olahan makanan. Salah satu UKM yang mengolah  produk panganadalah UKM Dapur J24 yang dipimpin oleh ibu Dian Fitriani. Produk kering tempe dan kentang mustofa. Namun UKM Dapur J24 masih memiliki kendala dalam bidang pemasaran produk kentang dan kering tempe hal ini disebabkan kemasan yang kurang menarik, label yang tidak lengkap oleh karena itu  perlu adanya pendampingan terkait pemilihan jenis kemasan dan pembuatan label kemasan yang tepat agar produk kering tempe bisa menjangkau pasar lebih luas. Kegiatan pengabdian akan berlangsung selama 3 bulan, berlokasi di Desa Mangunjaya, Tambun, Bekasi metode diskusi secara langsung dengan owner UKM Dapur J24. Langkah-langkah penelitian antara lain: 1) Analisa produk, 2) dimensi kemasan dan material, 3) visualisasi kemasan. Kemasan yang digunakan adalah jenis ziplock, berat produk 250 gram, dengan keseluruhan dilingkupi oleh label kemasan dengan perpaduan warna orange dan merah sebagai daya tarik bagi konsunen. Keseluruhan isi label kemasan telah memenuhi Peraturan Pemerintah (PP) No. 69 tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

References

Departemen Koperasi 2008: www.depkop.go.id.

D. M. Utama dan T. Baroto, Penggunaan SAW untuk analisis proses perebusan kedelai dalam produksi tempe, Agrointek: Jurnal Teknologi Industri Pertanian, Vol 12(2), pp 90-98, 2018.

W. Haliza, E.Y. Purwani, dan R. Thahir, R.Pemanfaatan kacang-kacangan lokal sebagai substitusi bahan baku tempe dan tahu, Buletin Teknologi Pasca Panen, vol 3(1), pp 1-8. 2016.

S. Anita, S.Dhonny, Herol, Irfan Y. Ardiatma, D. 2023. Sosialisasi Sertifikasi dan Labelisasi Halal pada UMKM DAPUR J24 di Kecamatan Tambun, Kabupaten Bekasi, Jurnal Pelita Pengabdian, vol. 1(1).

C, Giles. 2007. What Is Packaging Design. Switzerland: Rotovision

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles