Meningkatkan Visibilitas Institusi TKIT Al-Fajri Cahaya Umat dengan Profil Web Interaktif yang Inovatif

Authors

  • Ananto Tri Sasongko Universitas Pelita Bangsa
  • Sunita Dasman Universitas Pelita Bangsa
  • Asep Suprianto Universitas Pelita Bangsa
  • Suprapto Suprapto Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i2.2500

Keywords:

Website, Web Mobile, Profil Sekolah

Abstract

Dalam era digital ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 73,7% dari total 266 juta penduduk Indonesia telah terkoneksi ke internet. Namun, di TKIT Al-Fajri Cahaya Umat, Cikarang, mereka masih menggunakan cara konvensional dalam mempromosikan sekolah mereka. Cara ini memiliki beberapa kendala seperti kurangnya efisiensi waktu dan biaya serta jangkauan promosi yang terbatas. Oleh karena itu, pengabdian ini akan membangun dan mengimplementasikan sebuah website profil sekolah yang dapat diakses dari PC, laptop, tablet dan handphone. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, salah satu solusinya adalah dengan mengimplementasikan website profil sekolah. Saat ini, website telah menjadi kebutuhan dasar bagi institusi karena merupakan media yang efektif di zaman sekarang. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa website adalah salah satu media paling efektif untuk mempresentasikan profil sekolah.

References

A. Rochman, M. I. Hanafri, and A. Wandira, “Implementasi Website Profil SMK Kartini Sebagai Media Promosi dan Informasi Berbasis Open Source,” Acad. J.Comput. Sci. Res., vol. 2, no. 1, pp. 46–51, 2020, doi: 10.38101/ajcsr.v2i1.272.

L. Firgia and A. C. Nurcahyo, “Perancangan Dan Pembuatan Company Profile Berbasis Website Sebagai MEdia Promosi Dan Informasi Pada Sekolah Tinggi Teologia Ekklesia Pontianak,” J. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 35–40, 2021, doi: 10.46229/jifotech.v1i2.198.

J. S. Irsandi, I. Fitri, and N. D. Nathasia, “Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 5, no. 4, p. 346, 2020, doi: 10.35870/jtik.v5i4.192.

T. Apjii, “APJII Rilis Hasil Survei Pengguna Internet Indonesia Terbaru.” Apjii, 2020.

R. D. Darmawan, T. N. . Irawan, and S. Syidada, “RANCANG BANGUN WEB PROFIL SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PROMOSI SMP KARTIKA IV-10 SURABAYA”, MelekIT, vol. 8, no. 1, pp. 67–76, Jun. 2022.

Rozi, Fachrur, Tining Haryanti, and Nuniek Fahriani. "Rancang Bangun Website Profil Sekolah Taud-Saqu Ashabul Qur’an Surabaya Berbasis Html." Computing Insight: Journal of Computer Science 4.1 (2022): 1-9.

Anwar, Rosyida Nurul, et al. "Pembuatan Website Sebagai Media Promosi Terpercaya SD Muhammadiyah 1 Padas." Jurnal Pendidikan Tambusai 5.2 (2021): 7-12.

Hidayati, Nurul. "Pemanfaatan Website Sekolah sebagai Strategi Digital Marketing di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya." Jurnal Kependidikan Islam 11.1 (2021): 111-133.

Downloads

Published

2023-07-18

Issue

Section

Articles