Sosialisasi Potensi Sumberdaya Hayati Untuk Konsumsi Pangan Sehat Bagi Masyarakat

Authors

  • Fetty Dwi Rahmayanti Universitas Borobudur

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i2.2530

Keywords:

Sumberdaya Hayati, Bahan Pangan, Pangan Sehat

Abstract

Penyediaan keanekaan bahan hayati dan pelestarian fungsi lingkungan hidup bagi berbagai kehidupan merupakan salah satu kebutuhan dasar kehidupan manusia diseluruh dunia. Peningkatan  jumlah penduduk akan berkorelasi langsung meningkatnya jumlah permintaan akan kebutuhan pangan. Jika tidak dilakukan strategi khusus pelestarian sumberdaya hayati, khusunya bagi bahan hayati yang berfungsi sebagai penyedia nutrisi, maka dalam waktu yang relatif cepat akan menimbulkan berbagai dampak yang tidak diinginkan. Beberapa dampak yang dapat ditimbulkan seperti kelaparan akibat keterbatasan sumber pangan, kelangkaan hayati akibat konsumsi bahan pangan yang tertuju pada satu jenis komoditas saja untuk mencukupi kebutuhan pangannya), konflik sosial dan kepunahan spesies hayati. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan selama satu hari tanggal 19 Juni 2022 bertempat di Lantai 4, Gedung B, Universitas Borobudur Jalan Raya Kalimalang No.1, Jakarta Timur.

Kata Kunci : Sumberdaya Hayati, Bahan Pangan, Pangan Sehat

References

Badan Ketahanan Pangan. 2017. Penganekaragaman Pangan. Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Departemen Kelautan dan Perikanan. 2008. Kebijakan dan Strategi Konservasi Sumberdaya Ikan dan Lingkungannya di Perairan Darat. Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup. 2010. Keanekaragaman Hayati Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Deputi Bidang Peningkatan Konservasi SDA dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan.

Leunufna, Semuel. 2007. Mengapa Keanekaragaman Hayati Perlu Lestari. Prosiding Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Hal 291-299. Ambon.

Mustafril, Budi I Setiawan, M Yanuar J Purwanto, Lilik B Prasetyo, Drajat Martianto. 2006. Pengelolaan Sumberdaya Hayati Bagi Pemenuhan Kebutuhan Pangan dan Gizi. Jurnal Keteknikan Pertanian, Volume 20 No.2 Agustus 2006 Halaman 93-102.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan.

Downloads

Published

2023-07-27

Issue

Section

Articles