Pelatihan Dasar Pembuatan Ornithopter Dalam Pekan Ilmiah Pameran Pekan Ilmiah Science Exhibition Di SDS Peachblossoms

Authors

  • Ade Nurul Hidayat Universitas Pelita Bangsa
  • Nur Ilman Ilyas Universitas Pelita Bangsa
  • Dwi Irwati Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v1i2.2531

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Pekan Ilmiah, Pendidikan Sekolah Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan para dosen teknik industry UPB untuk memberikan kontribusi dan dukungan dari kampus kepada masyarakat yaitu dalam mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki dosen yang di terapkan kepada masyarakat di pendidikan dasar (SDS Peachblossoms). Langkah yang tim kita lakukan dalam kegiatan pengabdian ini untuk membekali siswa kelas 6 memiliki kopetensi dalam membuat karya dalam pekan ilmiah ini yaitu pengenalan karakteristik siswa, berdiskusi dengan siswa untuk menentukan apa karya yang akan dibuat, konsultasi atau tanya jawab kepada siswa terkait projek, pembuatan projek, dan latihan presentasi. Pengabdian kali ini berjalan dengan lancer dan kami selaku dosen mendapatkan pembelajaran berharga yaitu kami mampu beradaptasi dengan siswa di tingkat pendidikan dasar dan mampu mengaplikasikan ilmu yang kita miliki kepada masyarakat di bidang pendidikan dasar.

References

Purnawati, Peningkatan Motivasi Belajar Materi IPA dengan Penggunaan, Padang: Badan Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan, 2016.

I. W. &. S. N. K. &. A. Budiarta, Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual Dengan Prestasi Belajar IPA Kelas V Desa Pengeragoan, Bali: Universitas Pendidikan Ganesha, 2014.

E. G. P. &. W. M. Care, Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Research and Applications, New York: Springer International Publishing AG, 2017.

J. H. Flavell, "Metacognition and Cognitive Monitoring: A New Area of Cognitive-Developmental Inquiry," American Psychologist, vol. 10, no. 34, pp. 906-1011, 1979.

G. Y, "Development of Critical Thinking with Metacognitive Regulation International Association for the," 2016. [Online]. Available: https://eric.ed.gov/?id=ED571408.

Downloads

Published

2023-07-27

Issue

Section

Articles