Sosialisasi dan Pencantuman Informasi Nilai Gizi Pada Produk Stik Mangrove UMKM Kebaya, Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi.

Authors

  • Anita Suri Universitas Pelita Bangsa
  • Supriyanto
  • Putri Nabila Adinda Adriansyah
  • Yusuf Irfan Irfan
  • Dina Harlenci Fina

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v2i1.2666

Keywords:

UMKM, Informasi, Nilai, Gizi, Mangrove

Abstract

Mangrove merupakan salah satu tanaman yang khas karena tumbuh di daerah pantai serta memiliki banyak manfaat untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. UKM Kebaya atau Kelompok Bahagia Berkarya merupakan produsen yang mengolah buah mangrove menjadi berbagai produk olahan pangan, terletak di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pencantuman nilai gizi juga merupakan salah satu syarat wajib pada kemasan produk pangan sesuai dengan peraturan BPOM. Kegiatan pengabdian masyarakat telah berlangsung pada 31 Agustus 2023 dan berlokasi di Desa Pantai Bahagia, Muaragembong, Bekasi. Hasil dari uji kandungan nutrisi dengan menggunakan metode yang berbeda menunjukkan kandungan lemak total, protein, karbohidrat total, gula total dan natrium pada Stik Mangrove secara berurutan adalah 25,60%, 10,77%, 58,54%, 2,36% dan 2530 ppm. Hasil kandungan nutrisi menunjukkan persentase kandungan tertinggi adalah pada karbohidrat yaitu 58,54%. Pencantuman Informasi Nilai Gizi (ING) pada kemasan stik mangrove sehingga kemasan dapat memenuhi Pemerintah (PP) No. 69 tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

 

References

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. (2018). Data UMKM. Surabaya, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. [Online]. Available http://diskopukm.jatimprov.go.id/info/data-ukm

Pencantuman Informasi Nilai Gizi Untuk Pangan Olahan Yang di Produksi oleh Usaha Mikro dan Usaha Kecil.

S. Anita, S.Dhonny, Herol, Irfan Y. Ardiatma, D. 2023. Sosialisasi Sertifikasi dan Labelisasi Halal pada UMKM DAPUR J24 di Kecamatan Tambun, Kabupaten Bekasi, Jurnal Pelita Pengabdian, vol. 1(1).

Devani, V., & Sri, B. (2015). Optimasi Kandungan Nutrisi Pakan Ikan Buatan dengan Menggunakan Multi Objective (Goal) Programming Model. Jurnal Sains, Teknologi dan Industry, 12(2), 1693-2390

Harahap, J. 2015. Pengetahuan Mahasiswa Kedokteran Tentang Serat Makanan Dan Perilaku Konsumsi Serat Makanan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles