“SAY NO TO BULLYING” Sosialisasi Anti Perundungan di SMK Armaniyah

Authors

  • Saiful Muktiali Universitas Pelita Bangsa
  • Muhammad Hamdan Ainulyaqin Universitas Pelita Bangsa
  • Djoko Nugroho Universitas Pelita Bangsa
  • Nenda Universitas Pelita Bangsa
  • Siti Juariah Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v2i1.3108

Keywords:

BuBullying, Peserta Didik, Sekolah

Abstract

Perilaku bullying telah menjadi bagian kehidupan di kalangan remaja terutama para peserta didik yang menginjak pada jenjang SMA maupun SMK. Sebagaimana kita ketahui tindakan perundungan telah menyebar luas di media sosial yang mengakibatkan korban mengalami trauma secara mental dan psikis. Hal ini mendorong penulis beserta tim untuk mengupayakan atau mencegah tindak perundungan dikalangan remaja terutama pada jenjang SMK yang memang rawan terhadap tindakan kekerasan. Salah satu upaya konkrit untuk mengatasi bullying adalah dengan memberikan seminar” Say No To Bullying” dengan harapan dapat memberi wawasan praktis mengenai perilaku bullying dan dampak yang dirasakan oleh korban. Seminar ini dilaksanakan via online dengan peserta didik. Mereka mendapatkan pemaparan pengetahuan mengenai bullying: pengertian, sebab-sebab, dampak negatif, dan pencegahannya. Hasil webinar diharapkan peserta didik mengetahui secara kognitif pengertian bullying, karakter pelaku bullying, korban bullying, dan mengetahui bagaimana menghadapi pelaku bullying. Namun demikian, belum bisa dipastikan apakah mereka benar-benar memiliki perubahan perilaku secara konkrit atau tidak.

References

Astuti, A.D & Prestiadi, D. (2020). Efektifitas penggunaan media belajar dengan sistem daring di tengah pandemic covid 19. Prosiding Webinar Nasional Prospek Pendidikan Nasional Pasca Pandemic Covid 19 Universitas Negeri Malang.

Aqmala, D. (2007). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas pelatihan penjualan dan kompetensi relasional untuk meningkatkan kinerja tenaga penjualan. Tesis. Semarang: Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Charismi, A.A., Djudi, M & Ruhana, I. (2016). Analisis efektifitas pelatihan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38 (2), 141-146.

Dariyo, A. (2017). Peran school well being dan keterlibatan academic dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Psikogenesis, 5(1), 1-12.

Durahman, N. & Noer, Z.M. (2019). Aplikasi seminar online (Webinar) untuk pengembangan wirausaha. Jumika: Jurnal manajemen informatika, 6 (2), 111-120.

Gunawan, Suda, Primayana, (2020). Webinar sebagai sumber belajar di tengah pandemic covid 19. Purwadita, Jurnal Agama dan Budaya, 4 (2), 127-132.

Harbin, S.M. (2016). The multidimensional bullying victimazation scale: Development and validation. Dissertation. Lousiana State University.

Kartika, K., Damayanti, & Kurniawati, (2019). Fenomena bullying di sekolah: Apa dan bagaimana. Jurnal Ilmu Pendidikan Pedagogia, 17 (01), 55-66.

Mansyur, A.I, Purnamasari, R & Kusuma, R.A.M. (2019). Webinar sebagai bimbingan klasikal sekolah untuk pendidikan seksual berbasis on-line. Suloh: Jurnal Bimbingan dan Konseling Universitas Syah Kuala, 4 (1), 26-30.

Islamiah, M & Widayanti, (2016). Efektifitas pemanfaatan e-learning berbasis website terhadap hasil belajar mahasiswa STIMIK Asia Malang pada mata pelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasia (JITIKA), 10 (1), 41-46. Prasetyo, A. B. E. (2011). El Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 1 (IV), 19-26.

Rebeiz, A. (2007). Educator well-being: A key to student succes. EdCan Network.

Strout, T.D., Vessey, J.A., DiFacio, R.L., & Ludlow, L. H. (2018). The child adolescent bullying scale: Psychometric evaluation of anew measure. Research in nursing & health. Wileyolinelibrary.com.

Sucipto. (2012). Bullying dan upaya meminimalisasikannya. Psikopedagogia, 1 (1), 1-12.

Wardhana, K. (t.t). Sudah dong: Buku panduan melawan bullying. Tidak ada nama penerbit.

Widiyanti, W. (2019). Mengenal perilaku bullying di sekolah. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3 (1), 55-68.

Zakiyah, E.Z., Humaidi, S., & Santoso, M.B. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi remaja melakukan bullying. Jurnal Penelitian & PPM Unpad, 4 (2), 324-330

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles