PENINGKATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN AKUNTANSI BUMDES

Authors

  • Benny Oktaviano Universitas Pelita Bangsa
  • Adi Maryadi Universitas Pelita Bangsa
  • Dian Sulistyorini Wulandari Universitas Pelita Bangsa
  • Nazwa Putri Hidayat Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

potensi desa, pelaporan keuangan, pajak, SAK ETAP, BUMdes

Abstract

Terdapat potensi yang dimiliki desa yang selama ini kurang dikelola oleh desadikarenakan desa belum memiliki modal untuk mengelola pontensi yang ada. Hal ini menjadi salah satu sorotan dari pemerintah pusat. Maka dari itu terbitlah Undang-Undang Desa yang memberikan kesempatan desa untuk mengelola desa itu sendiri secara mandiri dan profesional. Terbetuknya usaha bisnis desa atau biasa disebut Badan Usaha Milik Desa (BUMDes/BUMDesa) diharapkan menjadi cikal bakal penggerak perekonomian ini dengan cara memaksimalkan pengembangan potensi desa yang ada.Akan tetapi timbul masalah selanjutnya yaitu Permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM), masih rendahnya SDM yang dimiliki BUMDes terkait pengelolaan keuangan dan akuntansi BUMDes. BUMDes diharapkan menjadi penggerak perekonomian di desa tersebut, menyerap sebanyak-banyak tenaga kerja untuk warga desa. Untuk itu dosen memiliki kewajiban Tridharma perguruan tinggi, salah satunya melakukan pengabdian kepada masyarakat ini mencoba memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Desa Jatibaru sebuah desa yang berada di kecamatan Cikarang Timur memiliki potensi yang besar akan tetapi belum dikelola dengan baik Dengan memberikan lokakarya tentang laporan keuangan dan memberikan pendampingan secara terus menerus kepada desa di harapkan memiliki output pengurus BUMDes yang mumpuni dalam mengelola BUMDes terutama dibidang keuangan. Lokakarya ini memberikan materi tentang laporan keuangan yang sesuai standar akuntansi keuangan yaitu SAK-ETAP.

References

D. Arista, V. Ayu Satyanovi, L. Dwi Ayu Rahmawati, and A. Asri Hapsari, ‘PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA BUMDES BANYUANYAR BERKARYA DESA BANYUANYAR KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI’, Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, p. 550, Dec. 2021, doi: 10.24198/kumawula.v4i3.35657.

A. Okfitasari, N. T. Nugroho, and S. Rosadi, ‘PENDAMPINGAN AKUNTANSI SEDERHANA DAN PERPAJAKAN BAGI POKJA (PKM PADA BUMDES DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KLATEN)’, BUDIMAS J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, p. 253, Jul. 2021, doi: 10.29040/budimas.v3i2.2735.

Z. I. Ferina, S. Hanila, Y. Fitriano, N. Susanti, and A. Soleh, ‘Peningkatan Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes Desa Pulau Panggung Kecamatan Talang Empat Bengkulu Tengah’, J. Pengabdi. Masy. Bumi Raflesia, vol. 3, no. 1, Jun. 2020, doi: 10.36085/jpmbr.v3i1.752.

R. G. Suci, Z. Azmi, E. Marlina, A. A. Putri, S. Rodiah, and I. P. Azhari, ‘Edukasi Akuntansi Dan Peningkatan Efektifitas Pelaporan Keuangan Bumdes Berbasis Excel For Accounting (EFA)’, COMSEP J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 72–77, Apr. 2021, doi: 10.54951/comsep.v2i1.58.

Downloads

Published

2024-01-16

Issue

Section

Articles