Sosialisasi Perpajakan dan Pendampingan UMKM sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Membayar Pajak bagi UMKM

Authors

  • Ahmad Bukhori Muslim Universitas Pelita Bangsa
  • Dian Sulistyorini Wulandari Universitas Pelita Bangsa
  • Kuwat Riyanto Universitas Pelita Bangsa
  • Aji Saputra Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Peraturan Perpajakan, Pelaporan Pajak UMKM

Abstract

Tujuan yang diharapkan dari pengabdian masyarakat ini ialah UMKM mampu memahami tentang dasar dan peraturan perpajakan pada UMKM agar pelaku usaha UMKM mampu memenuhi kewajiban perpajakannya. Atas dasar permasalahan yang terjadi pada mitra maka program PKM ini perlu dilakukan dengan memberikan sosialisasi tentang adanya PP No 23 tahun 2018 bagi UMKM yang memiliki Omzet di bawah Rp 4,8 miliar dalam setahun dengan Tarif 0,5% dan hanya berlaku selama 7 (tujuh) tahun untuk Orang Pribadi dan 3 tahun Untuk UMKM badan. Metode yang digunakan adalah diskusi dan ceramah. Kegiatan pengabdian yang dilakukan Tim PKM ini dengan metode ceramah dan diskusi telah mampu menambah wawasan, Motivasi dan pemahaman mengenai PPh Final UMKM kedepannya. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, UMKM Binaan memperoleh hasil berupa NPWP bagi UMKM dan orang pribadi, tata cara pembayaran serta pelaporan pajak secara online. Kegiatan pengabdian ini harus dilakukan secara konsisten setiap tahun agar meningkatkan kesadaran dan kepatuhan UMKM.

References

A. Amin, S. Mispa, S. Rinaldy, and L. Kanji, ‘SOSIALISASI PERHITUNGAN DAN PELAPORAN PAJAK UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KABUPATEN PINRANG’.

A. D. Silalahi, L. Maryasih, M. Arfan, A. Aliamin, and Y. Shara, ‘Sosialisasi Perhitungan dan Pelaporan Pajak bagi UMKM di Desa Gampong Leupung Cut’, J. ABDIMAS Budi Darma, vol. 2, no. 2, p. 147, Feb. 2022, doi: 10.30865/pengabdian.v2i2.3552.

S. Saryadi and R. J. Pinem, ‘Sosialisasi Perhitungan Dan Pelaporan Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Kota Semarang’, CARADDE J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, Jun. 2019, doi: 10.31960/caradde.v2i1.95.

H. Triatmoko, S. Suranta, J. Juliati, and T. R. Wulandari, ‘Pendampingan Pelaporan Perpajakan Bagi Wajib Pajak UMKM’, BUDIMAS J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, Jan. 2022, doi: 10.29040/budimas.v4i1.3710.

Downloads

Published

2024-01-16

Issue

Section

Articles