Penerapan Konten Digital Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Al Khoiriyah

Authors

  • Ismasari Nawangsih Universitas Pelita Bangsa
  • Pupung Universitas Pelita Bangsa
  • Gatot Universitas Pelita Bangsa
  • Annisa Universitas Pelita Bangsa
  • Candra Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Pelatihan, Konten Digital, Pedidikan, Kualitas, Belajar

Abstract

Perkembangan konten digital di dalam dunia pendidikan sangat penting di zaman era digital di dukung  dengan  berbagai perangkat aplikasi dan keberadaan internet saat ini memudahkan proses belajar mengajar, interaksi serta kebutuhan informasi  bagi penggunanya. Pembuatan dan pemakaian konten digital ini harus diimbangi pengetahuan dampak positif dan negatif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakt berupa penyuluhan dan pelatihan konten digital untuk dunia pendidikan   dilaksanakan di  Madrasah Ibtidaiyah Al Khoiriyah. Sasaran pada kegiatan PKM ini adalah para siswa ” sebanyak 20  dan 4 guru. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka (On the spot training) yang dimulai dengan observasi dan koordinasi dan perizinan dengan kepala Sekolah setempat mengenai rencana kegiatan yang akan dilakukan di lingkungan tersebut mengenai ketersediaan tempat, waktu, dan peserta. Kegiatan pengabdian dilaksanakan menggunakan beberapa tahapan: Tahap persiapan; Tahap pelaksanaan sosialisasi mengenai konten digital untuk siswa sekolah . Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan PKM adalah sosialisasi dengan teknik penyuluhan dalam bentuk ceramah atau memaparkan materi berupa teori dan video  yang berhubungan dengan tema yang kita ambil, tanya jawab, kreasi, dan permainan. Hasil kegiatan menunjukan meningkatnya cara belajar yang kreatif untuk siswa.

References

M. R. Utomo, M. N. Witama, dan R. A. Sumarni, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Java Dekstop Pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 3, hal..323–329, 2020, doi: 10.32672/jnkti.v3i3.2518.

H. Rodiawati and K. Komarudin, “PENGEMBANGAN E-LEARNING MELALUI MODUL INTERAKTIF BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM,” J. Tatsqif, vol. 16, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2018, doi: 10.20414/jtq.v16i2.190.

Aprilia, Lina. 2014. Pengaruh Internet Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono. Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/30832/15/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf.

T. Tukino, “Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Gangguan Dan Restitusi Pelanggan Internet Corporate Berbasis Web (Studi Kasus Di PT. Indosat Mega Media West Regional),” J. Ilm. Inform., vol. 6, no. 01, hal. 1–10,2018, doi: 10.33884/jif.v6i01.324.

Y. A. Pratiwi, R. U. Ginting, H. Situmoran, dan R. Sitanggang, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Di Smp Rahmat Islamiyah,” J. Teknol. Kesehat. dan Ilmu Sos., vol. 2, no. 1, hal. 27–32, 2020.

Destri Yaldi dan Yoan Mareta,” Pemanfaatan Konten Digital dalam Upaya Peningkatan Promosi Pariwisata di Era 5.0 Society,”Journal of community Engagement research for sustainability., Vol. 2, No. 6, 2022, pp. 335-339, GOI: https://doi.org/10.31258/cers.2.5.335-339

Faruqi, A. (2019). “Future Service in Industry 5.0.” Jurnal Sistem Cerdas 2 (1): 67–79.

https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.21.

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Japan SPOTLIGHT,27(August), 47-50.

Husna, J. (2019). Peran Pustakawan Sebagai Kreator Konten Digital. ANUVA : Volume 3 (2): 173-184,2019.

H. Nuryansyah dan E. Hermawan, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Ekstrakurikuler Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Bandung,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 10, no..3, hal. 298–305, Nov 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i3.1199.

I. Y. Ruhiawati dan S. Sopiah, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Website Dengan Laravel 5 Pada Smk Negeri 1 Cileles,” Jurnail Sains dan Teknol., vol. 3, no. 1, hal. 93–106, 2019.

Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Jakarta. Penerbit: Bumi Aksara.

https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/mengenal-personalized-learning-pembelajaran-yang-dipersonalisasi-di-sampoerna-academy/

Downloads

Published

2024-01-16

Issue

Section

Articles