SOSIALISASI CARA PEMADAMAN API SECARA AMAN, BUDAYA 5S DAN PENGENALAN SAINS DI SEKOLAH TKIT AN-NADIA

Authors

  • Ade Nurul Hidayat Universitas Pelita Bangsa
  • Adi Rusdi Widya Universitas Pelita Bangsa https://orcid.org/0000-0001-8945-2318
  • Heru Darmawani Universitas Pelita Bangsa
  • Edora Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Pengabdian, Sains, Budaya 5S, Penanganan Kebakaran

Abstract

PKM bertujuan memberikan kontribusi keilmuan yang diperlukan dan dapat diterapkan oleh masyarakat di sekitar lingkungan perguruan tinggi berada khususnya, secara umum memberikan kontribusi ilmu dan praktek yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pengetahuan tentang keselamatan merupakan hal penting yang harus diutamakan dalam seluruh aktivitas kerja atau dimanapun , peristiwa kebakaran adalah hal yang sering terjadi di kehidupan bermasyarakat sehingga hal ini penting untuk kita sosialisasikan untuk mengetahui cara aman menghadapi kebakaran di sekitar kita. Sosialisasi yang penting bagi Pendidikan dasar adalah soft skill dan hard skill. Soft skill adalah kemampuan berperilaku sesuai dengan norma agama, adat istiadat, norma moral, dan norma lainnya. Pada PKM kali ini kami dari tim Dosen melakukan pengabdian di TK AN-NADIA Setu, Bekasi, Jawa Barat. Pengabdian kita bertujuan untuk mensosialisasikan ilmu yang kita miliki yaitu tentang cara memadamkan api, budaya 5S dan pengenalan sains di kehidupan sehari-hari. Langkah - langkah yang kami selaku tim Dosen lakukan yaitu dengan cara bekerja sama dengan kepala Yayasan TK An-Nadia untuk mensosialisasikan apa saja hal yang bisa kita ajarkan ke orang tua murid dan siswa-siswi agar ilmu yang kita berikan bermanfaat. sesi sosialisasi di bagi menjadi 3 sesi yaitu Pemadaman Api Secara Aman, Budaya 5S di Sekolah dan Ilmu Pengetahuan Alam itu Asyik.

References

R. Soehatman, Petunjuk Praktis Manajemen Kebakaran (Fire Management), Jakarta: Dian Rakyat, 2010.

B. Rijanto, Kebakaran dan Perencanaan Pembangunan, Jakarta: Wacana Media, 2010.

Jalaludin, "Membangun SDM Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian," Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 13, no. 2, pp. 1-14, 2012.

I. Asimov, Isaac Asimov: the foundations of science fiction. Scarecrow Press., Scarecrow Press, 1996.

Al- Qur’ân al- Karîm Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahannya: Juz 1-30, Jakarta: PT. Kumudasmoro Grafindo Semarang, 2020.

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles