Sistem Informasi Pengelolaan Admistrasi Mazelis Zikir Athallah RW017 Blok E Perumahan KSB Serang Baru

Authors

  • Muhammad Makmun Effendi Universitas Pelita Bangsa
  • Nurhadi Surojudin Universitas Pelita Bangsa
  • Arif Siswandi Universitas Pelita Bangsa
  • Purnama Sakhrial Pradini Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Sistem Informasi, Metode Protoype,Administrasi, Website, Database MySQL

Abstract

Abstrak

 

Majelis Zikir Athallah ( MZA)  merupakan salah satu organisasi kegiatan agama yang ada di Perum KSB Blok E Desa Sukaragam dan adapun kegitan yang dilakukan adalah  kegiatan zikir, tahlil dan kajian Islam  dan juga  sosial sehingga MZA memerlukan administrasi yang baik dalam setiap kegiatannya sehingga perlu adanya sistem administrasi yang dimulai dari pendaftaran anggota, kegiatan dan juga dalam hal keuangan yang transparan baik. Pada saat ini yang dilakukan adalah dengan menggunakan cara yang manual yaitu dengan catatan di atas kertas dan mengumumkannya saat ada kegiatan, sehingga menjadi kendala ketika catatan tersebut hilang dan jika petugas yang biasa melakukan tarikan donasi tidak hadir maka para jamaah   tidak mengetahui kondisi keuangan. Untuk itulah untuk mengurangi kesalahan koordinasi maupun pendataan warga  maka dibuatlah suatu sistem administrasi dalam mengelola data keuangan, anggota dan juga setiap kegiatan  yang mampu memperbaiki proses pengelolaan admisitrasi termasuk  keuangan di MZA untuk meningkatkan efisiensi, dan mengurangi kesalahan dalam pengelolaan data. Di dalam Pengabdian masyarakat dilakukan saat ini adalah merancang dan membangun sistem informasi administrasi dengan   menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan saintifik, sedangkan metode pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi,wawancara dan studi literature, metode perancangan software yang digunakan pada penelitian ini adalah Prototyping, sedangkan pengujian yang digunakan adalah dengan menggunakan Blackbox. Hasil pengujian dan evaluasi menunjukkan bahwa sistem informasi tata laksana pengelolaan administrasi termasuk keuangan MZA ini berhasil mengatasi permasalahan yang ada menjadi lebih efisien, akurat, dan terkoordinasi

Author Biography

Muhammad Makmun Effendi, Universitas Pelita Bangsa

Nama  : M Makmun Effendi

NIDN  : 0430087804

Jafung : Lektor-300

Pendidikan :

Bachelor of Information Technology ( S-1) STMIK MIC Cikarang 2013

Master of Information Technology (S-2) President University 2017

 

Professional                          Related                                                    Personal

Ahli K3 Umum

PPR Improvement mfg

Manager QEHS 

IT System Lecture IT 

Consultant and Auditor  Manufaturing System adnd Improvement

 

References

., Kartikasari, P., & Shintawati, R. A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Web Dalam Aktifitas Kajian Harian Remaja Masjid. J-DINAMIKA, Vol. 5, No. 1.

M. Elsera, A. Zakir, and A. Masjid Khairiyah, “SISTEM INFORMASI E- SMART APPLICATION MASJID BERBASIS WEB,” Online, 2021.

HTTPS://www.academia.edu/5753946/Pengenalan_Sistem_Informasi_Akuntansi

I. Yunita and J. Devitra, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Pada Smk Negeri 4 Kota Jambi,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 278–294, 2019, doi: 10.11591/jurnalmsi.v12i4.xxxx.

J. M. Hasan, L. D. Septiningrum, and A. R. Fachrizal, “SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (FLOWCHART) DALAM PEMBANGUNAN MASJID AL-AULIA,” vol. 2, no. 1, pp. 118–125, 2021. [6] Y. Yudhanto and H. A. Prasetyo, Panduan Mudah Belajar Framework Laravel. Elex Media Komputindo, 2018.

Aldisa, R. T., & Arofi, A. (2022). Penerapan Metode Prototyping Pada Perancangan Sistem Layanan Pengaduan Berbasis Website. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 373. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.3963

Downloads

Published

2024-01-29

Issue

Section

Articles