MEMBANGUN PELATIHAN SDM SIAP KERJA: TANTANGAN DAN SOLUSI DALAM SISTEM PENDAFTARAN ONLINE DI BALAI LATIHAN KERJA JEMBER

Authors

  • Arinisri Agustin arinisriagustin2003@gmail.com
  • Fauziyyah Kamila Zayyan
  • Siti nurhasanah

Keywords:

BLK Jember

Abstract

Sistem pendaftaran online telah menjadi bagian dalam mempersiapkan siswa  lulusan untuk bergabung menjadi siswa pelatihan di BLK jember dengan sasaran membangun kemampuan mereka agar siap terjun pada dunia kerja. Namun, pada saat pendaftaran online diterapkan, seringkali gangguan teknis menghambat proses pendaftaran dan mengurangi efisiensi sistem. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tantangan yang dihadapi oleh sistem pendaftaran online dan menawarkan solusi yang dapat diterapkan guna memperbaiki masalah tersebut. Dengan menggabungkan peninjauan mengenai sistem pendaftaran dan analisis data pengguna, penelitian ini memaparkan latar belakang yang signifikan dari keberadaan gangguan dalam sistem pendaftaran online yang digunanakan. Metode ini menggunakan pendekatan Partisipatif Aksi Riset (PAR) yang meliputi analisis data internal institusi dan wawancara dengan para pengguna sistem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gangguan teknis yang terjadi selama proses pendaftaran secara signifikan mempengaruhi pengalaman pengguna dan efisiensi operasional. Sebagai solusi, diperlukan perbaikan infrastruktur teknis, pembaruan pada sistem, dan respons staf untuk meminimalkan gangguan dan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. Melalui pendekatan ini, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan panduan yang bermanfaat bagi institusi atau lembaga BLK dalam mengoptimalkan sistem pendaftaran online mereka dan membangun pelatihan SDM yang siap untuk menghadapi tantangan di pasar kerja

References

Rifki, M. (2019). Analisis Metode Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Di Balai Latihan Kerja (BLK) Jember (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. ‘’Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis’’, 5(2), 64-69.

Istiqomah, R., & Wahyono, B. (2018). Implementasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Dinas Pendidikan Kota Surakarta. ‘‘Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi’’, 4(2).

Bawana, G., & Al-Ma'ruf, A. I. (2016). Pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Online Di SMA Negeri 1 Karanganom Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yel, M. B., & Nasution, M. K. (2022). Keamanan informasi data pribadi pada media sosial. ‘’Jurnal Informatika Kaputama (JIK)’’, 6(1), 92-101.

Downloads

Published

2024-02-26

Issue

Section

Articles