Sistem Aplikasi Parkir di Ruko Permata Junction Jababeka

Authors

  • Asep Arwan Sulaeman
  • Ismasari Nawangsih
  • Adi Rusdi Widya
  • Agus Suwarno
  • Antika Zahrotul Kamalia

Keywords:

Sistem Aplikasi Parkir, Sensor, RFID

Abstract

Sistem aplikasi parkir merupakan sebuah platform atau perangkat lunak yang dirancang untuk membantu mengelola dan memantau parkir kendaraan di suatu area dimana sistem aplikasi parkir terhubung dengan sensor untuk mendeteksi kendaraan yang masuk dan keluar dari area parkir. Sistem aplikasi parkir di area Ruko Permata Junction Jababeka mempunyai masalah dalam hal membuka /menutup gate/gerbang pintu parkir dan juga dalam manajemen data untuk laporan bulanan dimana laporan yang dibuat masih dilakukan pencatatan secara manual. Hal ini sangat membuang waktu dalam mendapatkan informasi yang akurat. Maka untuk menyelesaikan masalah yang terjadi maka dilakukan pengabdian masyarakat dengan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di area parkir Ruko Permata Junction Jababeka dan memberikan pelatihan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi jika terulang lagi. Sistem parkir ini juga di update untuk ditambahkan menggunakan kartu RFID bagi para anggota member Ruko Permata Junction Jababeka sehingga dimungkinkan untuk lebih hemat dalam pengeluaran kertas parkir dan akses yang lebih cepat untuk keluar masuk area Ruko Permata Junction Jababeka

References

Smith J, Johson R. “Inovasi dalam Sistem Aplikasi Parkir Modern.” Jurnal Teknologi Transportasi, vol. 15, no. 2, 2020: 45-58.

Brown A, William C. “Manajemen Slot Parkir: Pendekatan Terkini dalam Sistem Parkir Kota.” Konferensi sistem Transportasi Urbane, 2009.

Garcia S, Martinez L. “Penggunaan Sensor Parkir dalam Sistem Aplikasi Parkir Cerdas.” Jurnal Manajemen Transportasi, vol. 8, no. 1, 2021:30-42.

Davis P, Wilson M. “Tantangan Keamanan dalam Sistem Aplikasi Parkir Terhubung.” Konferensi Keamanan Siber, 2018: 115-128.

Patel K, Jones H. “Pembayaran Parkir Seluler: Pendekatan yang Memudahkan bagi Pengguna.” Jurnal Mobilitas Digital, vol. 5, no. 3, 2017:78-92.

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles