Desain Media Pembejaran Berbasis Digital Pada TK Islam Pelita Insan Perum. Bumi Citra Lestari

Authors

  • Wiyanto Wiyanto Universitas Pelita Bangsa
  • Agung Nugroho Universitas Pelita Bangsa
  • Agus Suwarno Universitas Pelita Bangsa
  • Muhtajuddin Danny Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Tridharma, Desain, Media Pembelajaran, Digital

Abstract

Tridharma Perguruan Tinggi merupakan kewajiban bagi Dosen yaitu untuk memenuhi bisang pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Dalam rangka pemenuhan kewajiban tersebut, berbagai macam bentuk pengabdian terhadap sesama hendaknya dapat dilakukan oleh Dosen dan dapat melibatkan mahasiswa Universitas Pelita Bangsa khususnya pada Prodi Teknik Informatika dan Prodi Teknik Industri. Program pengabdian yang dilakukan ini adalah melakukan pembuatan desain Media Pembelajaran Berbasis Digital pada TK Islam Pelita Insan yang beralamat di Perumahan Bumi Citra Lestari Jl. Cempaka XI Blok C66 No. 19, Ds. Waluya, Kec. Cikarang Utara, Kab. Bekasi, yang merupakan wadah pembekalan Dosen dan juga sebagai pembinaan mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam mengamalkan profesionalisme disiplin ilmu ke tengah masyarakat. Manfaat lain dari desain Media Pembelajaran Berbasis Digital adalah meningkatkan pemahaman bagaimana cara menyajikan pembejaran yang interaktif dan menyenangkan untuk Siswa/I TK Islam Pelita Insan. Media pembelajaran digital ini dibuat dengan Microsoft Power Point dan disimpan dalam format *.ppsx. Pengabdian ini diselenggarakan dengan menggunakan metode mendesain Media Pembelajaran Berbasis Digital yang interaktif dan menyenangkan serta mudah dipahami oleh Siswa/I TK Islam Pelita Insan

References

J. Jumiati, H. Rahakabauw, and E. Budiarti, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Anak Usia Dini,” JIIP-Jurnal Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 6, pp. 1757–1760, 2022.

D. Hendraningrat and P. Fauziah, “Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak,” vol. 6, no. 1, pp. 58–72, 2022, doi: 10.31004/obsesi.vxix.xxx.

N. Nasution, Y. Darmayunata, and S. Wahyuni, “Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality,” Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, pp. 6462–6468, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3408.

E. Kurniasih, “Media digital pada anak usia dini,” J. Kreat., vol. 9, no. 2, pp. 87–91, 2019.

R. H. Lestari, S. M. Westhisi, and G. Wulansuci, “Media Berbasis TIK Sebagai Media Pengganti Realitas Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Potensia, vol. 8, no. 1, pp. 26–34, 2023.

M. Muthmainnah, “Pemanfaatan Video Clip Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini.” Yogyakarta, pp. 372–381, 2013.

W. Wiyanto, “Media Pembelajaran 35 Sirah Shahabiyah Berbasis Android,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 1, p. 50, 2018, doi: 10.30998/string.v3i1.2726.

A. Amali, A. Nugroho, W. Wiyanto, A. Susilo, and M. Wangsadanureja, “Pelatihan manajemen masjid dan pengelolaan website masjid daarul fikri,” J. Pelita Pengapdian, vol. 1, no. 1, pp. 121–128, 2023.

W. Wiyanto, S. A. Prasetyo, P. S. Pradini, A. Nugroho, and A. Firmansyah, “Desain Drain Tank & Rumah Pompa Untuk Menangani Permasalahan Banjir Di RW 009 Perum. Bumi Citra Lestari,” J. Pelita Pengabdi., vol. 1, no. 2, pp. 266–273, 2023.

W. Wiyanto, P. S. Pradini, A. Firmansyah, A. Nugroho, and S. A. Prasetyo, “Visualisasi Sebagai Edukasi Pencegahan Banjir Di Lingkungan Rw 009 Perum. Bumi Citra Lestari Desa Waluya Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi,” J. Pelita Pengabdi., vol. 1, no. 1, pp. 137–142, 2023.

Downloads

Published

2024-05-02

Issue

Section

Articles