Pemanfaatan Desain Banner Guna Meningkatkan Ketertarikan Konsumen Pada UMKM Penjualan Pedagang Kaki Lima di Kampung Jarakosta

Authors

  • Annisa Dwi Novianti Universitas Pelita Bangsa
  • Abdul Halim Anshor Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpp.v2i2.4654

Keywords:

Desain banner, ketertarikan konsumen, UMKM, pedagang kaki lima, pemasaran, Kampung Jarakosta.

Abstract

Desain banner yang efektif memiliki peran penting dalam menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan, terutama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti pedagang kaki lima. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan desain banner guna meningkatkan ketertarikan konsumen pada UMKM penjualan pedagang kaki lima di Kampung Jarakosta. Melalui metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara mendalam dengan para pedagang serta konsumen di kawasan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan desain banner yang menarik, informatif, dan sesuai dengan preferensi konsumen dapat meningkatkan visibilitas dan daya tarik lapak pedagang kaki lima. Selain itu, desain yang mencolok dan mudah dibaca dari jarak jauh terbukti efektif dalam menarik perhatian konsumen potensial. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman yang lebih baik tentang elemen desain grafis dan preferensi konsumen dapat membantu UMKM dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif.

References

S. J. Pengabdian et al., “STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI DESAIN LABEL KEMASAN DAN BANNER PADA UMKM SURYA MAKMUR,” vol. 7, no. 2, 2023.

O. Upaya Pendampingan UMKM untuk Meningkatkan Branding, U. Silvia Rahmah, E. Iryanti, and J. Timur, “Optimization of MSME Assistance Efforts to Improve Iborajut MSME Branding,” Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 1, no. 2, 2023, doi: 10.59024/faedah.v1i2.129.

A. Nasir, S. Tinggi, and I. E. Gempol, “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Peingkatan Penjualan UMKM Di Kabupaten Sidoarjo,” Economics And Business Management Journal ( EBMJ, vol. 2, no. 2, 2023.

N. L. Shofi and I. K. Swasti, “Strategi Pemasaran Pada UMKM Di Sirah Kencong Melalui Pembuatan Banner,” MESTAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 81–86, Feb. 2024, doi: 10.58184/mestaka.v3i1.277.

J. P. Masyarakat, R. Alfiansyah, R. A. Pamungkas, D. E. Rosmaningsih, U. Swadaya, and G. Jati, “MUSYAWARAH: EDUKASI PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI STRATEGI PRODUCT BRANDING”, [Online]. Available: http://jurnal.anfa.co.id/index.php/musyawarah/

H. Pebrasari et al., “1rev-Jurnal MNJ Revisi klpk 10 baru -rima-tini-yoyok,” 2023. [Online]. Available: http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca

Downloads

Published

2024-07-03

Issue

Section

Articles