Penggunaan Aplikasi Akuntansi Sederhana untuk Meningkatkan Transparansi Pengelolaan Keuangan

Authors

  • Benny Oktaviano Universitas Pelita Bangsa
  • Dian Sulistyorini Wulandari Universitas Pelita Bangsa
  • Adi Maryadi Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Aplikasi akuntansi sederhana, Pengelolaan keuangan, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Transparansi

Abstract

Kegiatan pendampingan penggunaan aplikasi akuntansi sederhana ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi pengelolaan keuangan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Program ini melibatkan pelatihan dan bimbingan langsung tentang pentingnya pencatatan keuangan yang akurat, penggunaan teknologi akuntansi, dan penyusunan laporan keuangan yang terstruktur. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta untuk mencatat dan memantau transaksi keuangan secara efektif. Peserta mulai menggunakan aplikasi akuntansi untuk mempercepat proses pencatatan, mengurangi kesalahan, dan memberikan akses real-time terhadap kondisi keuangan usaha mereka. Selain itu, laporan keuangan yang transparan dan akurat meningkatkan kredibilitas usaha di mata investor dan lembaga keuangan, sehingga mempermudah akses pendanaan. Meskipun terdapat tantangan dalam adopsi teknologi, seperti kesulitan awal dalam penggunaan aplikasi, program ini berhasil memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta. Dengan dukungan berkelanjutan dan pelatihan yang memadai, diharapkan lebih banyak pelaku usaha yang dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mengoptimalkan pengelolaan keuangan mereka dan mencapai kesuksesan bisnis yang lebih besar.

References

V. Agustiana, “PPENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN ALOKASI DANA DESA PADA DESA GUNUNGBATU”.

N. F. Asyik, M. Patuh, T. Triyonowati, W. Respatia, and N. L. Nur Laily, “APLIKASI DIGITAL PENGELOLAAN KEUANGAN, SARANA MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM MAKANAN MINUMAN DI KABUPATEN GRESIK,” KREANOVA, vol. 2, no. 3, pp. 103–107, Sep. 2022, doi: 10.24034/kreanova.v2i3.5265.

H. A. M. Putri and S. W. Adi, “EVALUASI SISTEM APLIKASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) TUMANG DI DESA CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI JAWA TENGAH”.

A. A. S. Mashuri and H. N. L. Ermaya, “PENINGKATAN KUALITAS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN MANUAL MENJADI DIGITALISASI AKUNTANSI SEDERHANA PADA PELAKU UMKM DI KABUPATEN SERANG,” JBMI, vol. 4, no. 1, Jun. 2021, doi: 10.24912/jbmi.v4i1.9501.

Downloads

Published

2024-07-08

Issue

Section

Articles