Perbandingan Metode Certainty Factor (CF) Dengan Metode TOPSIS Untuk Mendiagnosa Gangguan Kepribadian Pada Remaja

Perbandingan Metode Certainty Factor (CF) Dengan Metode TOPSIS Untuk Mendiagnosa Gangguan Kepribadian Pada Remaja

Authors

  • Adi . Suwarno STMIK Bani Saleh
  • Ishak Husein STMIK Bani Saleh
  • Sabar Hanadwiputra

DOI:

https://doi.org/10.37366/pelitatekno.v15i2.287

Abstract

Berdasarkan dari penelitian sebelumnya yang membahas mengenai suatu penyakit yang mungkin diderita  oleh user yang memiliki gejala yang dapat dideteksi pada seseorang  yang terdapat gangguan kepribadian yang mungkin dimiliki dirinya, yang kemudian nilainya akan diinput ke dalam suatu sistem. Adapun  tujuan dari adanya penelitian ini adalah agar dapat dihasilkan suatu sistem pakar dari para phisikolog yang dapat membantu psikolog untuk mendokumentasikan ilmunya, dan juga Sistem pakar ini bisa digunakan untuk memperlihatkan besarnya suatu kepercayaan atas  gejala yang telah terdeteksi tersebut,  akan adanya kemungkinan suatu penyakit yang telah diderita oleh pengguna/user. Berdasakan besarnya nilai atas kepercayaan tersebut adalah  hasil perhitungan dari rumus rumus atau formula yang terdapat  pada metode Certainty Factor (CF), sehingga hasil perhitungan yang telah diperoleh dari penelitian ini akan dapat dibuat sebuah aplikasi sistem pakar dari phisikolog untuk dapat mendeteksi adanya suatu gejala pada seseorang yang terdeteksi gangguan kepribadian pada remaja menggunakan perhitungan yang terdapat pada metode certainty factor yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan media komputer yang merupakan alat yang dapat membantu para pakar phisikolog agar dapat mengakses data.

Dalam  penelitian selanjutnya penulis akan membandingkan Data yang telah diperoleh dari metode CF Ini akan dibandingkan dengan hasil data yang akan diolah dengan Metode TOPSIS.

Berdasarkan hasil dari suatu perhitungan metode TOPSIS ini apakah akan lebih akurat atau tidak akurat  dalam mendeteksi suatu gangguan kepribadian.


Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-10

How to Cite

Suwarno, A. ., Husein, I., & Hanadwiputra, S. (2020). Perbandingan Metode Certainty Factor (CF) Dengan Metode TOPSIS Untuk Mendiagnosa Gangguan Kepribadian Pada Remaja: Perbandingan Metode Certainty Factor (CF) Dengan Metode TOPSIS Untuk Mendiagnosa Gangguan Kepribadian Pada Remaja. Pelita Teknologi, 15(2), 77-85. https://doi.org/10.37366/pelitatekno.v15i2.287