NIAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK WADAH PLASTIK MEREK TUPPERWARE DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Ida Farida Oesman Universitas Islam Nusantara
  • Ediana Suci Rejeki Rejeki Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Harga, Distribusi Produk, Niat Beli

Abstract

Tupperware merupakan salah satu produk peralatan rumah tangga berbahan dasar plastik yang dikenal luas masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan distribusi produk terhadap niat beli konsumen pada produk wadah plastik makanan merek Tupperware di Kota Bandung. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif dan verifikatif menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 385 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji signifikan simultan (uji F) variabel harga dan distribusi produk memiliki pengaruh signifikan dan positif secara simultan terhadap niat beli konsumen. Hasil uji signifikan parsial (uji T) menunjukkan bahwa variabel harga memiliki pengaruh signifikan dan positif secara parsial terhadap variabel niat beli konsumen. Sementara itu, distribusi produk tidak memiliki pengaruh signifikan dan positif secara parsial terhadap variabel niat beli konsumen.

Kata Kunci : Harga, Distribusi Produk, dan Niat Beli

Author Biography

Ediana Suci Rejeki Rejeki, Universitas Pelita Bangsa

 

 

References

Kominfo, “BPS Catat Ekonomi Indonesia Tumbuh 3,69 Persen Pada 2021.,” 2022. https://www.kominfo.go.id/content/detail/39835/bps-catat-ekonomi-indonesia-tumbuh-369-persen-pada-2021/0/berita

Adhi Wicaksono, “Daya Beli Bangkit, Konsumsi Tumbuh 3,55 Persen Tahun Lalu.,” Www.Cnnindonesia.Com., 2022. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220207122547-532-755969/daya-beli-bangkit-konsumsi-tumbuh-355-persen-tahun-lalu#:~:text=Bagikan %3A,CNN Indonesia%2FAdhi Wicaksono).

Tupperware, “TENTANG KAMI,” Tupperware.Co.Id., 2022. https://shop.tupperware.co.id/about-us

Topbrand-award, “Top Brand Award Kategori Plastic Container Makanan,” 2022. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index, 2022

Topbrand-award, “Metodologi Survei,” 2022. https://www.topbrand-award.com/metodologi-survei/

N. H. N. Asshidin, N. Abidin, and H. B. Borhan, “Perceived Quality and Emotional Value that Influence Consumer’s Purchase Intention towards American and Local Products,” Procedia Econ. Financ., vol. 35, no. October 2015, pp. 639–643, 2016, doi: 10.1016/s2212-5671(16)00078-2.

P. Kotler, K. L. Keller, and A. Chernev, Marketing Management, 16e, globa ed. Pearson Education, 2022.

S. R. H. Hati, I. Zulianti, A. Achyar, and A. Safira, “Perceptions of nutritional value, sensory appeal, and price influencing customer intention to purchase frozen beef: Evidence from Indonesia,” Meat Sci., vol. 172, no. June 2020, p. 108306, 2021, doi: 10.1016/j.meatsci.2020.108306.

N. Tahirov and C. H. Glock, “Manufacturer encroachment and channel conflicts: A systematic review of the literature,” Eur. J. Oper. Res., vol. 302, no. 2, pp. 403–426, 2022, doi: 10.1016/j.ejor.2021.12.006.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Edisi ke-2. Alfabeta, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9 (s. Universitas Diponegoro, 2018.

N. Ramadhanti, “Analisis Perilaku Konsumen Ibu Rumah Tangga dalam Melakukan Aktivitas Berbelanja di Era Pandemi Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul ‘Analisis Perilaku Konsumen Ibu Rumah Tangga dalam Melakukan Aktivitas Berbelanja di Era Pandemi’, Klik,” 2021. https://www.kompasiana.com/novankaramadhanti/618eec2e06310e74326e7755/analisis-perilaku-konsumen-ibu-rumah-tangga-dalam-melakukan-aktivitas-berbelanja-di-era-pandemi

E. M. González, J. H. Meyer, and M. Paz Toldos, “What women want? How contextual product displays influence women’s online shopping behavior,” J. Bus. Res., vol. 123, no. November 2019, pp. 625–641, 2021, doi: 10.1016/j.jbusres.2020.10.002.

Team Muamala, “Kategori Umur Menurut WHO & Depkes yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat.,” MUAMALA NET, 2018. https://muamala.net/kategori-umur-menurut-who/

A. F. Putri, “Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya,” SCHOULID Indones. J. Sch. Couns., vol. 3, no. 2, p. 35, 2018, doi: 10.23916/08430011.

C. C. Struck, “Wealth, price levels, and product quality,” Int. Econ., vol. 170, pp. 32–48, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.inteco.2022.02.006.

A. Hossain, Badiuzzaman, M. Nielsen, and E. Roth, “Consumer willingness to pay for quality attributes of pangasius (pangasianodoan hypophthalmus) in Bangladesh: A hedonic price analysis,” Aquaculture, vol. Vol. 555, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.aquaculture.2022.738205.

M. R. H. K. Rakib, S. A. Kabir, M. Al Amran, M. N. Islam, and M. O. F. Sarker, “Factors affecting young customers’ smartphone purchase intention during Covid-19 pandemic,” Heliyon, vol. Volume 8, no. Issue 9, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10599.

Y. Wang and C. Li, “Differences between the formation of tourism purchase intention and the formation of actual behavior: A meta-analytic review,” Tour. Manag., vol. Vol.91, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.tourman.2022.104527.

S. Leli, M. E. Widiana, and S. Sutopo, “Pengaruh Daya Tarik Produk, Kemudahan Web, Distribsi Penjualan terhadap Niat Beli Perdana Telkomsel pada Konsumen CV. Akar Daya Mandiri Surabaya,” UBHARA Manag. J., vol. Vol. 1, no. No. 1, 2021, [Online]. Available: https://journal.febubhara-sby.org/umj/article/view/89/0

Downloads

Published

2023-02-23