STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PROPERTI PADA KANTOR GLORY PROPERTY DI BANDUNG

Authors

  • Jajang Suherman Ina Universitas Islam Nusantara
  • Indri Ferdiani Universitas Islam Nusantara
  • Achmad Mudakir Universitas Islam Nusantara

Keywords:

Strategi pemasaran, dan penjualan properti.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendapatan kantor Glory Property yang semakin menurun. Pada tahun 2015 sampai tahun 2020, penjualan kantor Glory Property terjadi sedikit kenaikan dan terjadi penurunan yang sangat tajam, sehingga nilai pendapatan kantor Glory Property semakin kecil. Atas permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan maksud dan tujuan berikut: 1) menganalisis strategi pemasaran untuk menetapkan produk properti yang banyak diminati konsumen; 2) menganalisis strategi pemasaran dalam menetapkan harga properti agar mampu bersaing di pasar; 3) menganalisis strategi strategi pemasaran untuk menetapkan lokasi properti yang cepat laku (fast moving); 4) menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan promosi produk properti; 5) menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan kinerja broker property; 6) menganalisis strategi pemasaran untuk memastikan setiap tahapan/proses kerja broker property sesuai dengan alur proses; dan 7) menganalisis strategi pemasaran dalam menampilkan bukti fisik untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kantor Glory Property. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek atau informan penelitian adalah karyawan kantor Glory Property. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini, produk properti yang banyak diminati oleh konsumen / buyer adalah peroduk rumah tinggal.  Penetapan harga produk properti melalui analisa harga pasar dilingkungan dan dengan cara melihat ukuran properti yang terjual di lingkungan tersebut dan dengan upaya menghitung MPE. Lokasi yang banyak diminati adalah lokasi yang berada di pusat kota, dekat ke kantornya, dekat dengan sarana Pendidikan, sarana perbelanjaan, dekat ke akses transportasi.  Strategi pemasaran yang dilakukan oleh kantor Glory property adalah metode offline, media online, dan direct marketing atau penjualan langsung kepada buyer yang sudah ada di database kantor Glory Property meskipun belum maksimal. Dalam meningkatkan kinerja broker, Glory Property mengadakan pelatihan untuk meng-upgrade skill para broker. Dan juga berupaya memastikan tahapan/proses alur kerja berjalan dengan mengadakan monitoring mingguan terhadap broker. Strategi yang diterapkan untuk menampilkan bukti fisik dalam meningkatkan kepeercayaan konsumen, dengan upaya memfasilitasi broker dengan adanya kantor yang representatif, dan memberikan akun iklan berbayar untuk promosi serta melengkapi tools identitas broker.

 

Author Biographies

Indri Ferdiani, Universitas Islam Nusantara

 

 

Achmad Mudakir, Universitas Islam Nusantara

 

 

References

Abdullah, T. Francis, T. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Ed. Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Jakarta: Rajawali Pers

Dharmmesta, B, dan T.H. Handoko. (2011). Manajemen Pemasaran: Analisis perilaku konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: Ed BPFE UGM, Yogyakarta

Fitri, Agus Zaenul. (2013). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam; dari Normatif-Filosofis ke Praktis. Bandung: Alfabeta.

Grace Haque, Marissa., dkk. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori dan Implementasi. Banten: Pascal Books

Hasibuan, Malayu. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia: Dasar dan Kunci Keberhasilan. Bandung. PT. Toko Gunung Agung.

Hendrayani, Eka., dkk. (2021). Manajemen Pemasaran (Dasar dan Konsep). Bandung. CV. Media Sains Indonesia

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya: Utomo Press

Irwansyah, R., dkk. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta : PT. Prenhallindo

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Alih Bahasa: Bob Sabran, MM. Jakarta :Erlangga

Margono, S., (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, J. Lexy. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntasi. Edisi keempat. Jakarta: Salemba Empat

Musfah, Jejen. (2015). Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan, Praktik. Jakarta: Kencana.

Nawawi. (2013). Manajamen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahim A dan Radjab E. (2017). Manajemen Strategi. Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Mulawarman University Press. Samarinda.

Rangkuti, F. (2006). Analysis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Rohman A, (2019). Dasar-Dasar Manajemen. Malang : Inteligensia Media

Suwandyanto, M. (2010). Manajemen Strategi dan kebijakan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Supriyati. (2015). Metodelogi Penelitian. Bandung: Labkat Press.

Solihin, Ismail. (2013). Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Erlangga.

Samsudin, Sadili. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ke-1. Bandung: Pustaka Setia. Hlm 15.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi ke-3. Bandung: Alfabeta.

Saifuddin, Anwar. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryana. (2013). Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Nuraeni, S (2018). Manajemen Program Tahfidz Al Quran (Penelitian di Podok Pesantren Tahfidz Al-Quran Assalaam Kota Bandung). Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pasaribu, F.H. (2018). Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Pada PT. Arma Anugerah Abadi Medan. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara Medan

Pohan, D.W. (2019). Strategi Pemasaran Produk KPR BTN Bersubsidi iB Ditinjau Dari Analisis SWOT. Skripsi Program Studi Manajemen Ekonomi Universitas Muhamadiyah Semarang

Rusdiansyah. (2016). Analisis Strategi Aplikasi Penagihan dengan Metode SWOT. Bina Insani ICT Journal. 3(1): 145-153

Ulfa, L.A.U. (2020). Analisis Marketing Syariah dan SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Kepada PT. Multi Istana Batara Ponorogo. Skripsi

Valenta, D. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Bisnis Properti dari Segi Marketing Mix 7P's. Studi Kasus Di PT Daya Cipta Perdana. Mataram. Konsentrasi Perbankan Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah. Mataram.

https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/Pages/PPKom_Triwulan_III_2021.aspx. Perkembangan Properti Komersial-Triwulan III 2021, diakses 22 November 2022

https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/siaran-pers/readmore/2420901/71101. Realisasi Investasi Triwulan I Tahun 2021 Rp 219,7 Triliun, Kepala BKPM Optimis Target Investasi Tercapai, diakses 22 November 2022

Downloads

Published

2023-02-24