Analisis Balanced Score Card Untuk Mengukur Kinerja Perusahaan (PT Harta Adhi Pratama Bandung)

Authors

  • Triyono Triyono Universitas Pelita Bangsa
  • Anna Wulandari Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Pengukuran, kinerja, balanced scorecard

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja PT Harta Adhi Pratama melalui pendekatan balanced score card. Tahapan penelitian meliputi: tahap identifikasi, tahap pengambilan data, tahap pengolahan data, tahap analisa, dan tahap kesimpulan. Key Performance Indicator (KPI) dihitung menggunakan scoring system dan dikategorikan dalam persentase pencapaian target dengan hasil: 1) Perspektif finansial: sesuai target dengan penekanan pada efisiensi pembiayaan untuk peningkatan laba; 2) Perspektif pelanggan: sesuai target dengan penekanan pada penyesuaian biaya, peningkatan kualitas layanan dan kepuasan; 3) Perspektif proses bisnis internal: sesuai target dengan penekanan pada inovasi produk dan peningkatan kepatuhan pada SOP; 4) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran: sesuai target dengan penekanan pada evaluasi biaya pelaksanaan dan sertifikasi pelatihan.

 

The purpose of this research is to measure and evaluate PT Harta Adhi Pratama’s performance through a balanced score card approach. The stages of the research include identification, data collection, data processing, data analysis, and conclusion. Key Performance Indicator (KPI) is calculated using a scoring system and categorized in percentage of target achievement with the results: 1) Financial Perspectives:on target with the emphasis on cost effieciency to increase profits; 2) Customer’s Perspective: on target with the emphasis on adjusting costs, improving service quality and customer satisfaction; 3)Internal Business Process Perspectives: on target with emphasis on innovation and improving the compliances to SOP; 4) Growth and Learning Perspectives: on target with emphasis on evalution of implementation costs and training certification

References

Alma, B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alfabeta. Bandung

Asyhadie, Z. (2020). Hukum Bisnis: Prinsip dan Pelaksanaannya di Indonesia. PR RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Kaplan, R.S. & Norton, D.P. (2015). The Balanced Scorecard Translating Strategy into Action, Harvard Business School Press, Boston, Massachusetts. Terjemahan Bahasa Indonesia. Penerbit Erlangga.

Moore, C. (2017). Kewirausahaan (Manajemen Usaha Kecil). Salemba Empat. Jakarta.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Salemba Empat. Jakarta

Porter, M. (2018). Keunggulan Bersaing. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis (Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Simamora, H. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN. Yogyakarta.

Sinungan, M. (2017). Produktivitas: Apa dan Bagaimana. PT Bumi Aksara. Jakarta

Tjiptono, F. (2018). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. CV Andi Offset. Yogyakarta

Tunggal, A.W. (2017). Balanced Scorecard Mengukur Kinerja Bisnis. Jakarta: Harvarindo.

Umar, H. (2019). Studi Kelayakan Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Downloads

Published

2023-02-24