Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Ekonomi, dan Kesadaran Digital Generasi Milenial terhadap Perilaku Manajemen Keuangan

Authors

  • Hartati Ningsih Universitas Pelita Bangsa
  • Aslah Hilda Nurfadilah Universitas Pelita Bangsa
  • Sunita Dasman Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

literasi keuangan, literasi ekonomi, kesadaran digital, perilaku manajemen keuangan, generasi milenial

Abstract

ABSTRAK
Literasi keuangan, literasi ekonomi, serta kesadaran digital merupakan faktor-faktor yang dapat memengaruhi perilaku manajemen keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, literasi ekonomi, dan kesadaran digital generasi milenial terhadap perilaku manajemen keuangan. Penelitian dengan metode kuantitatif dan pendekatan survei. Sampel penelitiannya adalah 200 responden yang merupakan generasi milenial di Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan literasi ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat literasi keuangan dan literasi ekonomi seseorang, maka semakin baik perilaku manajemen keuangannya. Literasi keuangan ialah kemampuan agar serta memahami dan menggunakan informasi keuangan agar bisa membuat sebuah keputusan yang tepat. Literasi ekonomi ialah kemampuan dalam memahami konsep-konsep ekonomi dasar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan tingkat sebuah literasi keuangan yang tinggi, seseorang akan bisa memahami informasi keuangan dengan baik. Hal ini akan memudahkannya untuk membuat keputusan keuangan yang tepat, seperti membuat anggaran, berinvestasi, dan mengelola utang. Dengan tingkat literasi ekonomi yang tinggi, seseorang akan mampu memahami konsep-konsep ekonomi dasar, seperti inflasi, suku bunga, dan pasar saham. Hal ini akan memudahkannya untuk membuat keputusan keuangan yang tepat, seperti berinvestasi dan mengelola utang.
Kata kunci: literasi keuangan, literasi ekonomi, kesadaran digital, perilaku manajemen keuangan, generasi milenial

Author Biographies

Aslah Hilda Nurfadilah, Universitas Pelita Bangsa

Dear Editor Jurnal Semanis Manajemen Keuangan

Terlampir artikel kami dengan judul "Pengaruh Literasi Keuangan, Lisensi Ekonomi, dan Kesadaran Digital Generasi Milenial Terhadap Perilaku Manajeme Keuangan". Kontribusi penelitiannya ini untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang berperan membentuk pengaruh litetasi keuangan terhadap lisensi ekonomi. Yang membedakan penelitian ini dengan sebelumnya adalah responden yang digunakan meliputi generasi milenial di Indonesia. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pengaruh literasi keuangan memiliki dampak negatif terhadap lisensi ekonomi. Semakin tinggi lisensi ekonomi yang diterima oleh generasi milenial, semakin menurun kesadaran generasi milenial terhadap pengaruh literasi keuangan tersebut. Sebaliknya, kesadaran digital generasi milenial dan lisensi ekonomi terhadap pengaruh literasi keuangan memberikan kontribusi positif terhadap literasi ekonomi. Semakin tinggi literasi ekonomi dan tingkat kesadaran digital oleh generasi milenial, semakin meningkat pula literasi keuangan mereka terhadap lisensi ekonomi tersebut. pengaruh Literasi keuangan mempunyai pengaruh terhadap kesadaran digital generasi milenial di Indonesia. Kesadaran digital terhadap pengaruh literasi keuangan terhadap literasi milenial tidak bisa dianggap signifikan berdasarkan hasil penelitian. 

Kami berharap artikel ini menjadi perhatian untuk dipublikasikan di jurnal Semanis Manajemen Keuangan. Seandainya diperlukan revisi lebih lanjut kami bersedia memperbaikinya supaya artikel menjadi lebih berkualitas. 

Terimakasih atas perhatiannya

Best Regards

Hartati Ningsih

Sunita Dasman, Universitas Pelita Bangsa

Dear Editor Jurnal Semanis Manajemen Keuangan

Terlampir artikel kami dengan judul "Pengaruh Literasi Keuangan, Lisensi Ekonomi, dan Kesadaran Digital Generasi Milenial Terhadap Perilaku Manajeme Keuangan". Kontribusi penelitiannya ini untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang berperan membentuk pengaruh litetasi keuangan terhadap lisensi ekonomi. Yang membedakan penelitian ini dengan sebelumnya adalah responden yang digunakan meliputi generasi milenial di Indonesia. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pengaruh literasi keuangan memiliki dampak negatif terhadap lisensi ekonomi. Semakin tinggi lisensi ekonomi yang diterima oleh generasi milenial, semakin menurun kesadaran generasi milenial terhadap pengaruh literasi keuangan tersebut. Sebaliknya, kesadaran digital generasi milenial dan literasi ekonomi terhadap literasi keuangan memberikan kontribusi positif terhadap lisensi ekonomi. Semakin tinggi lisensi ekonomi dan tingkat kesadaran digital oleh generasi milenial, semakin meningkat pula pengaruh literasi keuangan mereka terhadap lisensi ekonomi tersebut. Literasi keuangan mempunyai pengaruh terhadap kesadaran digital generasi milenial di Indonesia. Kesadaran digital terhadap literasi keuangan terhadap literasi milenial tidak bisa dianggap signifikan berdasarkan hasil penelitian. 

Kami berharap artikel ini menjadi perhatian untuk dipublikasikan di jurnal Semanis Manajemen Keuangan. Seandainya diperlukan revisi lebih lanjut kami bersedia memperbaikinya supaya artikel menjadi lebih berkualitas. 

Terimakasih atas perhatiannya

Best Regards

Sunita Dasman

Downloads

Published

2024-02-12