Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Ekonomi, dan Kesadaran Digital Generasi Milenial terhadap Perilaku Manajemen Keuangan
Keywords:
literasi keuangan, literasi ekonomi, kesadaran digital, perilaku manajemen keuangan, generasi milenialAbstract
ABSTRAK
Literasi keuangan, literasi ekonomi, serta kesadaran digital merupakan faktor-faktor yang dapat memengaruhi perilaku manajemen keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, literasi ekonomi, dan kesadaran digital generasi milenial terhadap perilaku manajemen keuangan. Penelitian dengan metode kuantitatif dan pendekatan survei. Sampel penelitiannya adalah 200 responden yang merupakan generasi milenial di Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan literasi ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat literasi keuangan dan literasi ekonomi seseorang, maka semakin baik perilaku manajemen keuangannya. Literasi keuangan ialah kemampuan agar serta memahami dan menggunakan informasi keuangan agar bisa membuat sebuah keputusan yang tepat. Literasi ekonomi ialah kemampuan dalam memahami konsep-konsep ekonomi dasar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan tingkat sebuah literasi keuangan yang tinggi, seseorang akan bisa memahami informasi keuangan dengan baik. Hal ini akan memudahkannya untuk membuat keputusan keuangan yang tepat, seperti membuat anggaran, berinvestasi, dan mengelola utang. Dengan tingkat literasi ekonomi yang tinggi, seseorang akan mampu memahami konsep-konsep ekonomi dasar, seperti inflasi, suku bunga, dan pasar saham. Hal ini akan memudahkannya untuk membuat keputusan keuangan yang tepat, seperti berinvestasi dan mengelola utang.
Kata kunci: literasi keuangan, literasi ekonomi, kesadaran digital, perilaku manajemen keuangan, generasi milenial