PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KELENGKAPAN PRODUK DAN PRESEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KANTIN PT. OTICS INDONESIA

Authors

  • Muhamad Nurul Ainil Yaqin Universitas Pelita Bangsa
  • Anna Wulandari Universitas Pelita Bangsa
  • Billy Josef Anis Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

kualitas pelayanan, kelengkapan produk, presepsi harga, keputusan pembelian

Abstract

PT OTICS Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif khususnya menyediakan suku cadang untuk kebutuhan mobil – mobil buatan jepang . Sebagai salah satu perusahaan otomotif di Cikarang dan memiliki laba yang cukup besar, maka kesejahteraan karyawan menjadi satu hal yang penting agar bisa meningkatkan produktifitas karyawan yang dapat berdampak baik untuk perusahaan. Di dalam PT OTICS Indonesia terbentuklah sebuah kantin karyawan yang diperuntukkan bagi para karyawannya. Kantin Karyawan OTICS didirikan untuk membantu para karyawannya memenuhi kebutuhan mereka masing-masing. Kantin Karyawan OTICS sebagai sebuah usaha pastinya harus memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para karyawannya sebagai konsumen. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT OTICS Indonesia selaku konsumen dari kantin yang ada di PT OTICS Indonesia. Responden yang dijadikan objek penelitian adalah orang yang bekerja di PT OTICS Indonesia dan sudah pernah melakukan pembelian produk di kantin PT OTICS Indonesia. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebar melalui Google-form, sehingga responden dapat melakukan pengisian secara efektif dan data dapat langsung ditarik dengan cepat oleh peneliti. Pertanyaan maupun pernyataan dalam kuesioner tersebut diukur menggunakan skala bipolar (Mulyanto & Wulandari, 2019) dari 1-5 dengan kriteria dari sangat setuju untuk nilai 5 dan nilai 1 untuk sangat tidak setuju. Berdasarkan uji T dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan (X2), Kelengkapan Produk, dan Presepsi Harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dikarenakan standard a 0,05. Jika semua variabel tersebut ditingkatkan, maka Keputusan Pembelian juga akan meningkat.Dari Hasil Uji yang sudah dilakukan mendapatkan hasil bahwa variable Kualitas Pelayanan (X1), Kelengkapan Produk (X2), Presepsi Harga (X3) Berpengaruh dalam Keputusan Pembelian Konsumen.

References

Khairi, N. W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Kelengkapan Produk, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Koperasi pegawai Republik Indonesia OMI Swalayan. Jurnal Ekonomi Islam.

Mulyono H. (2017). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PERUMAHAN PURI MEDITERANIA SEMARANG).

Amrita, W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hidden Garden Agro Cafe Baturiti Tabanan Bali. Jurnal Manajemen, 1(2).

Arif Rachman Putra, Muhammad Mas Davit Herman Rudiansyah, Didit Darmawan, Rahayu Mardikaningsih, & Ella Anastasya Sinambela. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Lingkungan Fisik, dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Lottemart. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 71–85. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i1.436

Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang). 1.

Emor, J. I., Tumbuan, W. F. A., & Rogi, M. H. (2019). PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RM. BAKSO SOLO PAK EKO DI TOMOHON.

Jayanti, F. C., & Hayuningtias, K. A. (2023). PERAN LOKASI, KELENGKAPAN PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 20(02).

Lianardi, W., & Chandra, S. (2019). ANALYSIS OF SERVICE QUALITY, PRODUCT COMPLETENESS, AND PRICE ON PURCHASING DECISIONS AT JUNI MINIMARKET PEKANBARU. Jurnal Akuntansi, 4(1).

Susanto, H. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO FOTO COPY DWIYAN DI SAMPIT.

Widodo, T. (2016). PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Swalayan Ada Baru Di Kota Salatiga). Among Makarti, 9(1). https://doi.org/10.52353/ama.v9i1.129

Downloads

Published

2024-02-12