PENGARUH PROMOSI,HARGA,DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SOMETHINC

Authors

  • Maura Putri Alicia Universitas Pelita Bangsa
  • Anna Wulandari Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kata kunci : promosi, harga, kualitas produk, keputusan pembelian

Abstract

Produk Somethinc merupakan salah satu brand lokal yang telah berhasil sukses di industri skincare. Brand yang berdiri pada maret 2019 oleh perempuan hebat Indonesia yaitu Irene Ursula. Produk somethinc berproduksi di perusahaan Royal Pesona Indonesia yang terletak di jakarta barat. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare somethinc. Data penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang berdomisili dicikarang dan sudah pernah melakukan pembelian produk somethinc. Analisis regresi linier berganda dilakukan menggunakan bantuan software SPSS. Penelitian ini menyimpulkan bahwa promosi,harga dan kualitas produk berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan keputusan pembelian tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk skincare somethinc.

Kata Kunci: promosi, harga, kualitas produksi, keputusan pembelian.

References

Amilia, S. dan Nst, M. O. A. (2017) “Pengaruh Citra Merek , Harga , dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa,” Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1).

Arikunto, S. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta Bangun.

Assauri, S. (2009) Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. 1 ed. Jakarta: Raja Grafindo.

compas.co.id (2021) “10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace.” Tersedia pada: https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/.2021 (Diakses: 16 September 2021).

Devita, V. D. (2020) Somethinc, Some By Mi dan The Ordinary Review Produk Paling

Banyak Ditonton Di Tiktok, iPrice.co.id. Tersedia pada:

https://iprice.co.id/trend/insights/produk-skincare-mana-yg-paling-banyak-ditontondi-tiktok/ (Diakses: 16 September 2021). Ghozali, I. (2009) Aplikasi Analisis Multivariate Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Highlight Media (2021) “Di Tengah Pandemi, Potensi Bisnis Kosmetika di Indonesia Terus Meningkat.” Tersedia pada: https://highlight.id/potensi-bisnis-kosmetika-diindonesia-terus-meningkat-temu-anggota-perkosmi/ (Diakses: 16 September 2021).

Intan, K. (2019) Pasar Produk Perawatan Kulit Punya Potensi Berkembang, industri.kontan.co.id. Tersedia pada: https://industri.kontan.co.id/news/pasarproduk-perawatan-kulit-punya-potensi-berkembang (Diakses: 16 September 2021).

J. Setiadi, N. (2003) Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (2020) “Optimalkan Bahan Domestik, Kemenperin Percantik Kinerja Industri Kosmetik.” Tersedia pada: https://kemenperin.go.id/artikel/21913/Optimalkan-Bahan-Domestik,-KemenperinPercantik-Kinerja-Industri-Kosmetik (Diakses: 16 September 2021).

Kertajaya, H. (2008) Hermawan Kartajaya on Marketing Mix. Jakarta: Mizan.

Koran Tempo (2020) “Perubahan Gaya Hidup Dorongan Industri Kosmetik.” Tersedia pada: https://kemenperin.go.id/artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-DorongIndustri-Kosmetik.

Kotler, P. (2002) Manajemen Pemasaran. 9 ed. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, P. (2009) Manajemen Pemasaran. 13 ed. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2024-02-12