Pengaruh Online Customer Review, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Y.O.U Cosmetic pada Marketplace Shopee
Keywords:
online customer review, brand image, price perception, buying interestAbstract
Pesatnya kemajuan teknologi di era transformasi digital ini terlihat dari perubahan perilaku berbelanja offline menjadi online. Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia mendorong pelaku bisnis untuk menjual produknya secara online. Tidak heran pertumbuhan e-commerce, online shop, dan marketplace semakin berkembang dan bersaing hingga saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh online customer review, citra merek, persepsi harga terhadap minat beli Y.O.U Cosmetic pada marketplace Shopee di Cikarang. Data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang berdomisili di Cikarang dan sudah pernah melakukan pembelian Y.O.U Cosmetic pada marketplace Shopee. Analisis regresi linier ganda dilakukan menggunakan bantuan software SPSS. Penelitian ini menyimpulkan bahwa online customer review, citra merek, dan persepsi harga berpengaruh secara positif terhadap minat beli Y.O.U Cosmetic pada marketplace Shopee.
References
I. Amelia Gani, B. Wahyu Fitriadi, and D. Muhamad Pauzy, “The Influence Of Online Consumer Review, Online Consumer Rating And Price Perceptions On Purchasing Decisions Wardah lip product on the shopee marketplace (Survey on Wardah Lip Product Consumers in Tasikmalaya),” vol. 2, no. 2, pp. 267–274, 2023.
Iprice, “Katalog Harga Produk Y.O.U,” 2023 iPrice Ventures, 2023. https://iprice.co.id/you/ (accessed Nov. 22, 2023).
M. Bisnis, “Perkembangan Industri Kecantikan (Bagian 2),” daya.id, 2023. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/perkembangan-industri-kecantikan-bagian-2- (accessed Nov. 22, 2023).
S. R. Noviani and T. Siswanto, “Pengaruh Online Consumer Review, Rating, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Milenial Marketplace Shopee Di Jakarta Selatan,” J. Inov. Manaj. Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 17–28, 2022, [Online]. Available: http://ojs.itb-ad.ac.id/index.php/JIMB/article/view/1698/374
N. Ramadila and A. Sabil Hussein, “PENGARUH BUZZ MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI PRODUK ERHA 21 (Studi pada forum online Female Daily Network),” vol. 21, p. 282, 2008.
E. Pakpahan and Idris, “Analisis Pengaruh Online Customer Review dan Citra Merek terhadap Consumer Trust dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang),” Diponegoro J. Manag., vol. 11, no. 6, p. 1, 2022, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index
Ali Hasan, “Jurnal Indovisi; Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Pakaian Anak-anak Studi Kasus Toko Rizky dan Afdal Pariaman,” Indones. Indovisi Inst., vol. 1, no. Iii, pp. 83–104, 2018.
charlie bernando halomoan Samosir and B. A. Prayoga, “Charlie Bernando Halomoan Samosir,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 1, no. 3, p. 96826, 2015, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/96826/
A. Farki, I. Baihaqi, and M. Wibawa, “Pengaruh online customer review rating terhadap kepercayaan place di indonesia,” vol. 5, no. 2, 2016.
C. Sari and R. Rodhiah, “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Kinerja Operasional Terhadap Minat Beli Pelanggan Lazada,” J. Manajerial Dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 4, p. 897, 2020, doi: 10.24912/jmk.v2i4.9869.
H. Mulyanto and A. Wulandari, PENELITIAN: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung Semarang, 2019.
R. Andreadi, “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Di Toko Pakaian Brainwash Graphic,” pp. 126–138, 2019.