PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIQUID VAPOR BREW.OX JUICE DI SURAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan citra merek terhadap
keputusan pembelian Liquid Vapor Brew.ox Juice di Surakarta. Penelitian ini dilakukandengan
menggunakan kuesioner terhadap 100 responden konsumen produk Liquid Vapor Brew.ox
Juice yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu non probability
sampling dengan jenis metode yang digunakan yaitu convience sampling. Kemudian dilakukan
analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kualitatif dan kuantitatif, uji asumsi
klasik, regresi linear berganda, uji t, F, dan uji koefisien (R 2 ). Berdasarkan hasil analisis
menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas terhadap seluruh item pertanyaan yang
diajukan terbukti valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukkanbahwa penelitian ini
terdistribusi secara normal, tidak terjadi multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi
pada model regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasecara parsial promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelianditunjukkan dengan nilai signifikansi
sebesar 0,054. Untuk variabel harga secara parsialberpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,339. Sedangkan
untuk variabel citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,035. Hasil uji determinasi ( )
menunjukkan didapatkan hasil sebesar 0,165 yang berarti keputusan pembelian mampu
dijelaskan oleh variabel promosi, harga, dan citra merek sebesar 16,5% sedangkan sisanya
83,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ikut di observasi antara lain: kualitas layanan,
lokasi, produk, dan lain-lain. Variabel citra merek adalah variabel yang paling dominan dari
tiga variabel independen yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian Liquid Vapor
Brew.ox Juice di Surakarta.
References
Baruna Hadi Brata, Shilvana Husani, Hapzi Ali, 2017. The Influence of Quality Products, Price,
Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in
Central Jakarta
Manik, C. D. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan.
Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pemulang, Vol. 3 No.1
Getrysia, Dhatikusuma. 2022. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian
Smartphone Xiaomi Redmi 1S (Studi Pada Pengunjung WTC Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen,
Volume 1 No.1, Hal. 1-9.
Hartanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Periklanan dan Harga Terhadap Volume Penjualan
pada Onsight Outdoor Equipment Solo. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Hidayat, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan
Pembelian Sepeda Motor Merk Suzuki Pada PT. Suzuki Center Kartini Bandar Lampung. Skripsi.
Bandar Lampung: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Ghanimata, F. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan
Pembelian. Jurnal Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro,
Volume 1 Nomor 2
No 2. Ali, H. N. (2018). The Influence of Service Quality, Brand Image and Promotion on
Purchase Decision at MCU Eka Hospital . Saudi Journal of Business and Management Studies.
Volume
Amalia, A. H. (2022). Pengaruh Harga Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Emas.
Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
No 8, 51-60. Aprilia, B. C. (2017). Analisis Pengaruh Harga Paket, Kualitas Jaringan, Dan Promosi
Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet (Survey 85 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis Universitas Muhamadiyah Surakarta).