PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIQUID VAPOR BREW.OX JUICE DI SURAKARTA

Authors

  • Ahmad Edwan Rifqi Universitas Pelita Bangsa
  • Anna Wulandari Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan citra merek terhadap
keputusan pembelian Liquid Vapor Brew.ox Juice di Surakarta. Penelitian ini dilakukandengan
menggunakan kuesioner terhadap 100 responden konsumen produk Liquid Vapor Brew.ox
Juice yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu non probability
sampling dengan jenis metode yang digunakan yaitu convience sampling. Kemudian dilakukan
analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kualitatif dan kuantitatif, uji asumsi
klasik, regresi linear berganda, uji t, F, dan uji koefisien (R 2 ). Berdasarkan hasil analisis
menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas terhadap seluruh item pertanyaan yang
diajukan terbukti valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukkanbahwa penelitian ini
terdistribusi secara normal, tidak terjadi multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi
pada model regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasecara parsial promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelianditunjukkan dengan nilai signifikansi
sebesar 0,054. Untuk variabel harga secara parsialberpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,339. Sedangkan
untuk variabel citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,035. Hasil uji determinasi ( )
menunjukkan didapatkan hasil sebesar 0,165 yang berarti keputusan pembelian mampu
dijelaskan oleh variabel promosi, harga, dan citra merek sebesar 16,5% sedangkan sisanya
83,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ikut di observasi antara lain: kualitas layanan,
lokasi, produk, dan lain-lain. Variabel citra merek adalah variabel yang paling dominan dari
tiga variabel independen yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian Liquid Vapor
Brew.ox Juice di Surakarta.

References

Baruna Hadi Brata, Shilvana Husani, Hapzi Ali, 2017. The Influence of Quality Products, Price,

Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in

Central Jakarta

Manik, C. D. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan.

Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pemulang, Vol. 3 No.1

Getrysia, Dhatikusuma. 2022. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Smartphone Xiaomi Redmi 1S (Studi Pada Pengunjung WTC Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen,

Volume 1 No.1, Hal. 1-9.

Hartanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Periklanan dan Harga Terhadap Volume Penjualan

pada Onsight Outdoor Equipment Solo. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hidayat, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan

Pembelian Sepeda Motor Merk Suzuki Pada PT. Suzuki Center Kartini Bandar Lampung. Skripsi.

Bandar Lampung: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Ghanimata, F. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan

Pembelian. Jurnal Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro,

Volume 1 Nomor 2

No 2. Ali, H. N. (2018). The Influence of Service Quality, Brand Image and Promotion on

Purchase Decision at MCU Eka Hospital . Saudi Journal of Business and Management Studies.

Volume

Amalia, A. H. (2022). Pengaruh Harga Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Emas.

Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

No 8, 51-60. Aprilia, B. C. (2017). Analisis Pengaruh Harga Paket, Kualitas Jaringan, Dan Promosi

Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet (Survey 85 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan

Bisnis Universitas Muhamadiyah Surakarta).

Downloads

Published

2024-02-13