PENGARUH PROFITABILITAS STRUKTUR MODAL KEBIJAKAN DEVIDEN DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Ada Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022)

Authors

  • Nur Anisa Universitas Pelita Bangsa
  • Mala Nurmala Universitas Pelita Bangsa
  • Lilis Nurholisah Universitas Pelita Bangsa
  • Rika Purnama Sari Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

nilai perusahaan, profitabilitas, struktur modal, kebijakan dividen, keputusan investasi

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari profitabilitas, struktur modal, kebijakan dividen dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar dalam sub sektor makanan dan minuman dari tahun 2019-2022. Dengan menggunakan metode purposive sampling pada pemilihan sampel, didapatkan sebanyak 8 perusahaan yang telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini berupa regresi linier data panel dengan bantuan dari program Eviews 12 dalam pengolahan data yang ada. Melalui pengolahan data yang ada, didapatkan hasil profitabilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur modal, kebijakan dividen dan keputusan investasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan.

References

Ayem, Sri, and Ragil Nugroho. 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Deviden, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik Di Bursa Efek Indonesia) Periode 2010 - 2014.” Jurnal Akuntansi 4(1): 31–39.

Demirgunes. 2017. “Capital Structure Choice and Firm Value: New Empirical Evidence from Asymmetrics Causality Test.” International Journal of Financial Research 8(12): 75–97.

Hirdinis, M. 2019. “Capital Structure and Firm Size on Firm Value Moderated by Profitability.” In International Journal of Economics and Business Administration VII(1): 174–79.

Nugroho, Ajie Waskito, and Batara Daniel Bagana. 2023. “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan.” JURNAL ILMIAH KOMPUTERISASI AKUNTANSI 16(1): 110–19.

Sembiring, S, and I Trisnawati. 2019. “Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan.” Jurnal bisnis dan akuntansi. http://jurnaltsm.id/index.php/JBA/article/view/754.

Downloads

Published

2024-02-13