PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MC DONALD’S LIPPO CIKARANG

Authors

  • Agustini Tanjung Universitas Pelita Bangsa
  • Daniel On Darius Universitas Pelita Bangsa
  • Jaka Surya Permana Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Konsumen

Abstract

 ABSTRAK

                Seiring dengan bejalan nya waktu, masyarakat sekarang cenderung untuk makan makanan yang praktis dan ekonomis. Konsep tersebut juga meluas dengan maraknya para wirausaha yang menyiapkan makanan siap saji. Tingkat persaingan dalam restoran cepat saji terus meningkat, terutama di Indonesia sehingga banyak restoran cepat saji seperti Mc Donald’s yang berupaya untuk menciptakan kepuasan bagi pelanggan dengan meningkatkan kualitas produk, pelayanan dan fasilitas pada Mc Donald’s. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan Mc Donald’s Lippo Cikarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Mc Donald’s di Lippo Cikarang dengan jumalah sampel 102 Responden. Metode pengambilan sampel adalah sample random dengan teknik menggumpulkan data menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan kualitas produk berpengaruh kurang signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Mc Donald’s Lippo Cikarang.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Konsumen

 

 ABSTRACT

                As time goes by, people now tend to eat practical and economical food. The concept is also widespread with the rise of entrepreneurs who prepare fast food. The level of competition in fast food restaurants continues to increase, especially in Indonesia so many fast food restaurants such as McDonald's are trying to create satisfaction for customers by improving the quality of products, services, and facilities at McDonald's. This study aimed to determine the effect of product quality, service quality, and facilities on McDonald's. This study aimed to determine the effect of product quality, service quality, and facilities on customer satisfaction at McDonald's Lippo Cikarang. This study uses quantitative research methods. The population in this study were McDonald's consumers in Lippo Cikarang with a sample size of 102 respondents. The sampling method is a random sample with the technique of collecting data using a questionnaire. The results of this study indicate that product quality has a less significant effect on customer satisfaction, service quality has a significant effect on customer satisfaction, and facilities have a significant effect on customer satisfaction. Simultaneously product quality, service quality, and facilities have a significant effect on customer satisfaction at McDonald's Lippo Cikarang

Keyword: Product Quality, Service Quality, Facilities, Customer Satisfaction

References

GAMMA SHAFINA. 2023. “McDonald’s Pimpin Persaingan Restoran Cepat Saji Di Kalangan Masyarakat.” Https://Data.Goodstats.Id/. May 30, 2023.

Jaffry Prabu Prakoso. 2022. “KAWASAN INDUSTRI TERBESAR DI ASIA TENGGARA ADA DI CIKARANG.” Bisnisindonesia.Id. September 19, 2022.

John Cheong. 2023. “7 Indikator Kualitas Pelayanan Yang Baik Untuk Bisnis F&B Dan Cara Mengukurnya.” Staffany.Id. September 12, 2023.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. “Marketing Management, 15thn Edition New Jersey: Pearson Prentice Hall.” Inc.

KumparanFOOD. 2021. “Alasan Milenial Dan Generasi Z Lebih Suka Sarapan Di Tempat Tidur.” KumparanFOOD. June 16, 2021.

Mambela, Imatius Joni. 2020. “Pengaruh Perkembangan Zaman Modern Yang Memunculkan Perilaku Gaya Hidup Konsumerisme, Di Kalangan Mahasiswa Teologi Zaman Ini.” Pengaruh Perkembangan Zaman Modern Yang Memunculkan Perilaku Gaya Hidup Konsumerisme, Di Kalangan Mahasiswa Teologi Zaman Ini.

Nanda. 2021. “Kualitas Pelayanan Adalah: Tujuan, Fungsi Dan Cara Mengukur.” Komerce.Id. January 22, 2021.

Tahir saleh. 2020. “Cerita McDonald’s Indonesia & Jejaring Bisnis Keluarga Sosro.” NBC Indonesia. May 8, 2020.

Tjiptono, Chandra. 2014. “Service Qualitya & Satisfaction, Edisi 3 Yogyakarta: UPP AMP.” Tjiptono, Fandy.

Tjiptono, Fandy. 2014. “Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan.” Penelitian. CV. Andi.

———. 2015. Strategi Pemasaran.

———. 2019. “Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset, CV. Konsumen Jasa JNE Jl. Glagahsari No. 62 Yogyakarta.” Jurnal Ekobis Dewantara (Https://Jurnalfe. Ustjogja. Ac. Id/Index. Php/Ek Obis/Article/View/328 Diakses 30 April 2021).

Yosepha Pusparisa. 2021. “Jumlah Restoran McDonald’s Secara Global (2011-2020).” Https://Databoks.Katadata.Co.Id/. June 18, 2021.

Yusuf Abdhul Azis. 2022. “Kualitas Pelayanan: Indikator, Pengaruh Dan Contoh [Lengkap].” Deepublishstore.Com. July 6, 2022.

Downloads

Published

2024-02-13