PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN TRANSPORTASI DAN LOGISTIK YANG TERDAFTAR DI BEI
Keywords:
Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, LeverageAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada sektor Transportasi dan Logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan bantuan program statistik Econometric Views (Eviews) versi 13. Populasi dari penelitian ini adalah 37 perusahaan sektor Transportasi dan Logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022 dengan metode purposive sampling maka diperoleh sample sebanyak 20 perusahaan dan di dapat 80 data yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Hasil penelitian membuktikan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R-Square) dinyatakan bahwa variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen sebesar 11.70% dan sisanya dipengaruhi factor lain di luar variabel penelitian ini.